Kantongi Sertifikat Internasional, EHang 216-S Siap Layani Penerbangan Penumpang di Indonesia

Jum'at, 27/10/2023 01:38 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kendaraan Udara Otonom “Taksi Terbang” EH216-S yang diperkenalkan ke Indonesia oleh Prestige Aviation, telah mengantongi Sertifikat Tipe (type certificate/TC) yang dikeluarkan oleh Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok (Civil Aviation Administration of China/ CAAC) pada 13 Oktober 2023.

Adanya sertifikat ini menunjukkan bahwa desain model EH216-S sepenuhnya sesuai dengan standar keselamatan dan persyaratan kelaikan udara CAAC, dan bahwa EH216-S memenuhi syarat untuk melakukan operasi komersial UAV pengangkut penumpang.

Dalam bidang standar sertifikasi kelaikan udara, CAAC mengumpulkan para ahli terkemuka dari otoritas lokal, lembaga penerbangan, dan organisasi penelitian, dan secara resmi menerbitkan Ketentuan Khusus untuk Sistem UAV EH216-S ("Ketentuan Khusus") pada Februari 2022.

Pendiri, Ketua, dan CEO EHang, Huazhi Hu menngucapkan terima kasih kepada CAAC, tim ahli, dan semua karyawan EHang atas dedikasi sehingg taks terbang ini mendapatkan izin lepas landas secara komrsial.

EHang 216 di Indonesia

Taksi terbang EHang hadir di tanah air lewat kerjasama Prestige Aviation dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI), unit EHang 216 Official Aircraft IMI yang merupakan unit pertama di Indonesia, berhasil melakukan demo terbang di Bali pada bulan November 2021.

Selanjutnya, mereka bekerjasama dengan POLRI dalam surveillance penanganan bencana Gunung Semer dan sukses dalam sejumlah demo terbang di Bandar Udara Pondok Cabe, di area JIEXpo saat event Indonesia International Motor Show dan yang terbaru acara PERIKLINDO Electric Vehicle Show 2022.

Keempat, EHang 216 juga berperan sebagai transportasi yang membantu melancarkan berbagai event otomotif, sirkuit balap maupun melakukan pengawasan berbagai turnamen balapan.

Selain itu, EHang 216 juga dapat digunakan untuk memikat para wisatawan, memajukan sektor pariwisata seperti di Bali, Lombok dan berbagai destinasi wisata unggulan lainnya.

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo mengapresiasi inovasi transportasi yang dibawa Prestige Aviation sehingga akan memajukan dunia otomotif dan penerbangan di Indonesia.

“Selamat atas keberhasilan EHang dalam memperoleh TC, sehingga keperluan proses kelaiakan udara di Indonesia untuk membawa penumpang, sudah bisa dilakukan," tuturnya.

Executive Chairman Prestige Aviation, Rudy Salim mengungkapkan mereka berbangga atas prestasi EHang dan akan siap melayani masyarakat.

"Selamat atas perolehan TC EHang dari CAAC, kami akan segera melakukan proses validasi TC di DGCA (Directorate General of Civil Aviation/Direktorat Jenderal Perhubungan Udara) agar dapat segera digunakan untuk mengangkut penumpang di Indonesia” kata Rudy Salim.

EHang 216 berpotensi mendukung pengembangan ibu kota baru Indonesia, Ibu Kota Nusantara, karena menyediakan transportasi yang efisien dan cepat di daerah perkotaan yang padat. Ia juga dapat menghubungkan berbagai bagian kota dengan cepat, membantu mengintegrasikan daerah-daerah terpencil ke dalam inti kota.

Selain itu, EHang 216 lebih ramah lingkungan karena menghasilkan lebih sedikit emisi, sehingga berkontribusi pada lingkungan perkotaan yang lebih bersih dan berkelanjutan. Model ini juga dapat digunakan sebagai layanan darurat untuk medis dan evakuasi, termasuk melayani pariwisata.

Asal tahu saja, EHang 216 merupakan kendaraan udara yang 100% listrik, yang dilengkapi dengan 16 baling-baling dan 8 lengan yang dapat dilipat. Adapun untuk kemampuan terbangnya mencapai ketinggian 3.000 meter, dapat menempuh perjalanan sejauh 35 kilometer hanya dalam 21 menit dengan beban maksimum 230 kg (2 penumpang).

Ia tercatat lebih dari 30.000 penerbangan sukses baik cargo maupun penumpang di berbagai negara seperti Jepang, Korea, Amerika Serikat, Dubai, Qatar, Kanada, Indonesia dan China.

Teknologi penerbangan otonom pada EHang 216 menghilangkan kemungkinan kegagalan atau kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan manusia (human error) sehingga sangat terjamin keamanannya.(erwin)

TERKINI
Seorang Ketua Pengda dan 3 Ketua Pengcab HDCI Dilantik Bersamaan Pada Halal Bihalal HDCI di Sinar Mas Land Plaza Kemarin Masih Bertugas Sebagai Steward di Slalom Ancol, Nurie Salmun Berpulang Tadi Siang Karena Sakit Jantung Nikmati ALVA Experience Center di Gading Serpong O-UNIVERSE: Sebuah Ekosistem Fesyen dan Teknologi OMODA untuk Dunia