WRC 2023 Jepang: Latvala Bebaskan 4 Joki Toyota Gazoo Racing Saling Gempur, Ini Tujuannya

Rabu, 15/11/2023 23:45 WIB

mobilinanews (Jepang) - Menjadi home rally tim Toyota Gazoo Racing, Rally Jepang pada 16-19 November ini tetap jadi target kemenangan yang dipancang bos tim Jari-Matti Latvala. Trofi juara dunia perally dan manufaktur belum cukup.

Mengandalkan Yaris GR Rally1, Toyota sukses mengantar Kalle Rovanpera (Finlandia) mempertahankan gelar WRC yang musim lalu ia raih perdana dengan predikat juara termuda sepanjang sejarah WRC.

Gelar 2023 sudah ia kunci di seri WRC Eropa Tengah bulan lalu dengan mengalahkan joki Toyota lainnya, Elfyn Evans (Inggris). 

Pada seri sebelumnya, pabrikan Jepang ini juga mengunci gelar manufaktur.

Tapi, dominasi itu belum cukup buat Latvala, pemimpin tim Toyota Gazoo Racing. Ia ingin memenangkan seri Jepang untuk kali pertama buat Toyota yang notabene tuan rumah. Maknanya sama dengan kemenangan di Rally Finlandia, negara yang menjadi home base tim Toyota Gazoo Racing.

"Memenangkan seri Jepang untuk pertama kalinya sangat penting. Kami ingin menutup serial tahun ini dengan sempurna," kata mantan perally top Finlandia itu.

Untuk mewujudkan harapan itu, Latvala pun membebaskan 4 perally timnya untuk saling mengalahkan satu sama lain karena masing-masing tak punya target khusus lagi di klasemen.

Ke-4 joki itu adalah Sebastien Ogier (pemilik 8 gelar WRC), Rovanpera (juara 2022 dan 2023), Evans dan local hero Takamoto Katsuta yang tak lain adalah binaan Toyota sendiri.

Dari keempatnya, Ogier dan Rovanpera adalah favorit untuk memenangkan lomba di trek aspal ini. Tentu saja Evans dan terlebih Katsuta tak bisa dikesampingkan karena tahun lalu ia naik podium 3 bersama dua joki Hyundai, Thierry Neuville dan Ott Tanak.

"Sangat tak mudah mengalahkan nama-nama tersebut. Namun berlomba di negara sendiri dan di depan penggemar yang sangat antusias, itu selalu memberi energi istimewa. Saya akan berjuang kembali ke podium," kata Katsuta.

Buat Ogier, meraih kemenangan di Jepang adalah sebuah kewajiban. Sebagai joki senior dalam tim, ia ingin memikul tanggung jawab untuk memberikan kemenangan buat Toyota selaku tuan rumah.

"Saya merasa wajib mewujudkannya," tandasnya.

Hal sama diapungkan Rovanpera. Gelar juara dunianya akan terasa lengkap jika bisa menguasai seri Jepang. Untuk itu ia berjanji akan tetap fight seperti biasanya dan menyerang sejak tahapan awal.

"Tahun lalu saya terkendala di sini. Saya penasaran dan ingin memperbaikinya," ucap perally berusia 23 tahun itu yang tahun lalu terlempar dari zona 10 Besar.

Lawan yang harus dihadapi keempat prajurit Toyota itu tak lain adalah Neuville dan Tanak yang tahun ini membela tim M-Sport Ford.

Menjadi seru karena keduanya juga punya motivasi untuk memenangkan laga. Neuville untuk mempertahankan reputasi di Jepang, sementara untuk Tanak lebih spesial lagi. Sebab, ini adalah rally terakhirnya bersama M-Sport setelah berpisah dengan Hyundai akhir tahun lalu.

Ironisnya, Tanak justru kembali gabung dengan Hyundai lagi pada musim 2024. (rn)

TERKINI
Ancol Jakarta Supersport Championship 2024 Round 2 Berlangsung Sukses, Anondo Eko : Persiapan Lebih Maksimal Pelumas Lupromax Diakui Maksimalkan Performa Mesin di Lintasan Balap Drag Race Harley-Davidson Unveils 2024 Street Glide dan Road Glide: Moge dengan Teknologi Terkini dan Desain Revolusioner American Dreamin` The Dawn of A New Era: Harley-Davidson MY24 Mengukir Sejarah Baru di Jalanan Indonesia