Musim Mobil Listrik, BMW Kurangi Produksi Mobil Bermesin Konvensional

Jum'at, 17/11/2023 00:28 WIB

mobilinanews (Jakarta) - BMW telah mengakhiri produksi mesin pembakaran internal (ICE) di pabrik Munich, Jerman, menandai akhir dari era mesin konvensional.

Keputusan ini sejalan dengan rencana perusahaan untuk mengalihkan fokus ke produksi kendaraan listrik.

Pada November 2020, BMW telah mengumumkan relokasi produksi mesin delapan dan dua belas silinder dari Munich ke Hams Hall, Inggris, sementara mesin yang lebih kecil akan diproduksi di Steyr, Austria.

Menurut laporan dari BR24, V8 menjadi mesin pembakaran internal terakhir yang diproduksi di pabrik Munich pada 10 November.

Sebanyak 1.200 karyawan akan menjalani pelatihan ulang dan akan ditempatkan kembali di posisi lain atau di fasilitas BMW lainnya.

Carscoops telah menghubungi BMW untuk memastikan apakah penghentian produksi melibatkan semua varian mesin ICE, termasuk bensin, diesel, dan hybrid.

Berbeda dengan beberapa pesaingnya yang berkomitmen untuk beralih sepenuhnya ke kendaraan listrik (EV) pada tahun 2030, BMW memilih untuk tetap menjual kendaraan ICE dan model EV secara bersamaan.

Perusahaan ini tetap skeptis dan meragukan kelayakan pencapaian target tersebut.

Pabrik Munich sebelumnya telah menjadi pusat produksi kendaraan listrik BMW sejak Oktober 2021, memulai dengan i4 listrik.

Selain itu, pabrik ini akan menjadi rumah bagi mobil listrik berbasis Neue Klasse ke depannya.

BMW berencana meluncurkan enam model listrik Neue Klasse antara tahun 2025 dan 2027, menunjukkan komitmen jangka panjang terhadap mobil listrik.

BMW juga telah mengonfirmasi bahwa platform Neue Klasse dapat mendukung model dengan tenaga pembakaran internal, menunjukkan bahwa mesin konvensional tidak sepenuhnya dihilangkan dari rencana perusahaan.

Produksi mobil listrik lainnya di Jerman, seperti iX, i5, i7, iX1, dan iX2, juga tetap berlanjut di pabrik-pabrik lain di negara ini.

BMW juga berencana membangun fasilitas perakitan baterai besar di Strasskirchen. (karim)

TERKINI
Motor Sering Tersendat-sendat atau Brebet? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya, Buruan Cek! Suzuki Swift 2024, Kombinasi Sempurna Gaya, Kenyamanan dan Performa dengan Harga Terjangkau Chery Group Cetak Total Penjualan 182.049 Unit April 2024, Meningkat 43,7 Persen Dibanding Tahun Lalu Pembalap Honda Alex Palou Puncaku Klasemen IndyCar Series 2024 Jelang Series Historis Indy 500 di Indianapolis