Kenneth Feinberg Tawarkan Kompensasi Kasus "DieselGate" VW

Selasa, 09/02/2016 19:03 WIB

mobilinanews - Kenneth Feinberg, pengacara Amerika spesialis mediasi dan alternatif penyelesaian sengketa kasus, sedang mengusahakan kompensasi kepada hampir 600.000 pemilik VW diesel di Amerika Serikat. Kenneth berharap seluruh konsumen VW diesel tersebut akan menerima proses penyelesaian yang diusulkan.

Namun pengacara kenamaan itu mengaku tidak bisa memulai proses klaim sampai VW berhasil menemukan solusi dengan regulator lingkungan AS. "Saya tidak bisa berbuat apa-apa sampai VW dan pihak berwenang belum mengatasi perbedaan pendapat di antara mereka," sebut Feinberg kepada salah satu koran di Jerman, dilansir dari Reuters.

Feinberg sendiri mengaku belum mengetahui secara spesifik soal program kompensasi tersebut. Akan tetapi pihak VW sudah memberikan kuasa penuh kepada dirinya dalam merancang solusi terbaik.

Tujuan Feinberg hanya satu dalam menghadapi kasus ini, dia ingin konsumen VW yang terkena dampak atas kasus "DieselGate" menerima kompensasi. "Lihatlah kasus saya sebelumnya, 97 persen dari korban 11 September menerima solusi saya. Dan itu menjadi target saya untuk VW," sebutnya kepada Reuters.

Tetapi dari keputusan terbaru pemerintah Amerika, menunjukkan Feinberg harus bisa menunggu lebih lama lagi untuk melangsungkan niat baiknya tersebut. California Air Resources Board (CARB) dan Badan Perlindungan Lingkungan Amerika (EPA) sebagai pihak berwenang atas kasus ini masih menolak sistem perbaikan dari VW untuk diesel 2.0-liter karena dianggap masih terlalu samar.

Bahkan nanti setelah VW berhasil menyelesaikan proses kompensasi kepada pemilik VW di Amerika, bukan berarti masalah selesai. Produsen otomotif asal Jerman ini masih mungkin menghadapi tuntutan pidana dari Departemen Kehakiman. Pengacara pemerintah Amerika masih menyimpan kemarahan atas kebohongan VW kepada CARB dan EPA selama satu tahun.

Kebohongan selama penyelidikan pemerintah sudah cukup untuk mengajukan tuduhan kriminal, selain juga klaim dari pihak sipil. (Reuters/Zie)

TERKINI
Tips Membeli Mobil Matic Bekas dengan Cerdas untuk Kebutuhan Mobilitas Sehari-hari OnePrix 2024 Palopo : Andi Gilang Main di Home Race, Digadang Berjaya Di Tanah Kelahiran Bulukumba Sulawesi Selatan Penjualan Suzuki Melonjak 14 Persen di Maret 2024, Cermin Meningkatnya Kepuasan Pelanggan Ban Goodyear Kini Hadir di B-Quik, Berik anKenyamanan Lebih Untuk Konsumen