WRC 2023 Jepang: 3 Perally Toyota Gazoo Racing Tetap Teratas, Local Hero Katsuta Terus Mengejar

Sabtu, 18/11/2023 19:08 WIB

mobilinanews (Jepang) - Tinggal 6 Special Stage (SS) Rally Jepang pada final day Minggu (19/11). Hampir pasti Toyota akan sukses mendapuk kemenangan perdana pada home rally-nya.

Pasalnya, tiga perally tim Toyota Gazoo Racing masih solid di papan atas hasil kejuaraan sementara setelah menuntaskan 16 SS pada Sabtu (18/11).

Elfyn Evans (Inggris) teratas dengan keunggulan 1 menit 15,0 detik atas Sebastien Ogier (Prancis) sementara juara dunia 2022 dan 2023 Kalle Rovanpera (Finlandia) berada di P3 dengan gap 1 menit 40,6 detik.

Esepekka Lappi (Hyundai) dan Ott Tanak sudah terlalu jauh tertinggal di P4 dan 5 dengan gap di atas 3 menit.

Jika pertarungan perebutan gelar juara tak terlalu seru, tak demikian halnya dengan perebutan P4 antara Lappi, Tanak dan local hero Kanamoto Katsuta (Toyota Gazoo Racing). Mereka bertiga hanya dipisahkan jarak di bawah 30 detik.

"Besok saya akan berjuang dan terus mengejar semampunya. Saya senang banyak penonton tuan rumah yang hadir. Saya ingin menunjukkan potensi dan apa yang bisa saya lakukan," tegas Katsuta yang sudah tercepat dalam 8 dari 16 SS.

Sayang, crash pada Jumat kemarin membuatnya banyak kehilangan waktu. Dan, hari ini ia memangkas waktu dari 5 menjadi 3 menit.

Target Katsuta hanyalah finish P4,menjadikan Toyota big four di kandang sendiri. Itu akan melengkapi sukacita atas kemenangan perdana di Rally Jepang.

Sayangnya, Toyota sudah gagal meraih kemenangan pada 3 kali Super SS yang berlangsung di dalam stadion mereka sendiri, Toyota Stadium. Semuanya jatuh kepada tim lain.

Super SS terakhir, SS16, dimenangkan oleh Tanak sekaligus kemenangan perdana tim M-Sport Ford pada event ini.

Dalam 6 SS esok tak ada lagi yang digelar di dalam Stadion Toyota, yang disesali penonton dan disiarkan langsung televisi. (rn)

 

TERKINI
Motor Ikonik Honda Super Cub C125 Tampil Dengan `Baju` Baru Lexus LX 600: Pertunjukan antara Kemewahan dengan Performa Superior di Kelas SUV Harley Davidson Model Heritage Classic 114, Melangkah ke Masa Lalu dengan Gaya Masa Kini WRC 2024 Rally Portugal: Ogier Melayang dan Menang, Tapi Toyota Dikalahkan Hyundai di Klasemen Konstruktor