MotoGP 2023 Qatar: Terkait Uang Besar Akhir Tahun, Saling Gempur di 10 Besar Klasemen Masih Bergemuruh

Minggu, 19/11/2023 12:54 WIB

mobilinanews (Qatar) - Balapan utama GP Qatar malam ini tak hanya krusial dalam title battle antara Francesco Bagnaia dan Jorge Martin. Tak kalah penting bagi 8 joki lainnya untuk berebut peringkat dan uang besar di akhir musim.

Ducati punya sistem berbeda dalam hal penggajian para pembalapnya. Cenderung rendah dibandingkan tim lain, tapi jor-joran dalam hal bonus. Jika dirupiahkan bisa berkisar antara ratusan juta hingga milyaran rupiah, tergantung peringkat masing-masing di akhir klasemen.

Pertarungan perebutan gelar antara Francesco Bagnaia (Ducati) dengan Jorge Martin (Pramac Ducati) tentu terkait hal itu juga. Selisih bonus sebagai juara dengan runner up, menurut kesaksian Jack Miller tahun lalu saat masih bersama Ducati, sangat besar berkisar ratusan ribu USD. Begitu pun peringkat di bawahnya, sangat besar.

Limpahan uang ini juga akan datang dari Dorna Sports sebagai prize money. Besarnya tergantung pada peringkat masing-masing.

Tim lain di luar Ducati pun biasanya punya bonus untuk pembalapnya yang masuk 5 atau 10 Besar. 

Dalam konteks itu maka persaingan di Grup 10 Besar klasemen MotoGP saat ini masih sangat panas, perubahan posisi dan poin masih sangat mungkin berubah sampai GP Valencia pekan depan.

Tak hanya soal Bagnaia dan Martin yang hanya dipisahkan 7 poin untuk perebutkan P1 dan 2 di klasemen akhir, tapi juga menyangkut 8 rider lain di 10 Besar.

Hanya Marco Bezzecchi (VR46 Ducati) yang sudah aman di P3 dengan total poin 323. Ia tak mungkin lagi mengejar poin Martin (410) dan Bagnaia (417). Juga  tak bisa lagi  digusur Brad Binder (KTM) lantaran sudah unggul 63 poin. Sentara, dari main race Qatar plus sprint dan main race Valencia sisa poin tersedia hanya 62.

Namun, posisi Binder secara matematika  masih bisa digoyang oleh Johann Zarco (Pramac Ducati) karena selisih poin mereka masih 57.

Sebaliknya bagi Zarco, Aleix Espargaro  (Aprilia), Maverick Vinales (Aprilia), Luca Marini (VR46 Ducati), Fabio Quartararo (Yamaha) dan Jack Miller (KTM). Semuanya masih bisa naik atau turun peringkat di klasemen akhir 2023. Masih harus fight satu sama lain. Dan, itu tadi, terkait dengan uang besar yang sudah menanti sebagai bonus. (rn)

KLASEMEN 10 BESAR MOTOGP JELANG MAIN RACE GP QATAR:

1. Bagnaia (poin 417)

2. Martin (410l

3. Bezzecchi (323)

4. Binder (257)

5. Zarco (200)

6. Aleix Espargaro (198)

7. Vinales (179)

8. Marini (178)

9. Quartararo (158)

10. Miller (156)

 

 

 

TERKINI
Seorang Ketua Pengda dan 3 Ketua Pengcab HDCI Dilantik Bersamaan Pada Halal Bihalal HDCI di Sinar Mas Land Plaza Kemarin Masih Bertugas Sebagai Steward di Slalom Ancol, Nurie Salmun Berpulang Tadi Siang Karena Sakit Jantung Nikmati ALVA Experience Center di Gading Serpong O-UNIVERSE: Sebuah Ekosistem Fesyen dan Teknologi OMODA untuk Dunia