WRC 2023 Jepang: 3 Joki Toyota Gazoo Racing di Podium, Katsuta Gagal Bendung Perally Hyundai

Senin, 20/11/2023 00:03 WIB

mobilinanews (Jepang) - Musim lalu dikalahkan Hyundai, kini dibalas Toyota dengan dominasi pada Rally Jepang  yang berakhir pada Minggu (19/11) siang. Sayang, local hero Kanamoto Katsuta gagal membawa timnya finish 1-2-3-4.

Memimpin lomba sesi Jumat lalu, Evans relatif mudah mengakhiri seri terakhir kejuaraan dunia relatif ini dengan mudah. Ia naik podium bersama rekan setim di Toyota Gazoo Racing, Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera.

Kesabaran dan konsistensi kecepatan menurut Evans adalah kunci suksesnya meraih kemenangan kali ke-8-nya di serial  WRC. Maklum, 21 SS yang digelar mayoritas disiram hujan sehingga butuh ketrampilan dan keberuntungan tersendiri di dalam kokpit Yaris GR Rally1-nya. 

"Akhir pekan yang tak mudah. Finish 1-2-3 adalah hasil yang fantastis buat Toyota," kata joki asal Inggris itu.

Sayang, perally muda Jepang Kanamoto Katsuta gagal membawa Toyota menjadi finisher ke-4 meski sudah gaspol sepanjang etape terakhir. Padahal, P4 adalah target yang ia kejar dalam 6 SS sepanjang Minggu (19/11).

Katsuta memenangi 9 dari total 21 SS di negerinya sendiri. Sialnya, waktunya banyak terbuang saat kecelakaan pada sesi Jumat. Memulai sesi Minggu ia berada di urutan 6, dengan sasaran mengalahkan Esepekka Lappi (Hyundai) dan Ott Tanak (M-Sport Ford) di P4 dan 5. 

Hasilnya hanya mampu mengalahkan Tanak yang tahun depan balik lagi ke tim Hyundai. Dengan Lappi masih kalah 20 detik seusai lomba. Dari data waktu yang ada, andai tak celaka pada Jumat lalu maka Katsuta adalah juara pagelaran WRC terakhir musim 2023 ini.

"Tentu ada sedikit penyesalan. Tapi, saya bangga telah memperlihatkan potensi yang saya miliki, di depan fans Jepang. Hasil ini justru memperkuat keyakinan diri memasuki kompetisi tahun depan," ujar Katsuta, perally binaan Toyota.

Gelar juara dunia 2023 sudah dikunci Rovanpera pada seri Rally Eropa Tengah lalu, menambah trofi dunia setelah tahun lalu dinobatkan sebagai juara dunia termuda dalam sejarah WRC, berusia 22 tahun. (rn)

 

TERKINI
Mengenal Sea Lion 07 yang Resmi Diluncurkan, SUV Revolusioner dari BYD dengan Teknologi Canggih Trump Berjanji Membatalkan Aturan Promosi Kendaraan Listrik Biden Mazda CX-5: Eksklusivitas dan Keunggulan dalam Sebuah SUV, Bikin Brand Korea Minder Hyundai Motor Indonesia Gelar Program Roda Keberuntungan, 12 Unit Mobil Listrik IONIQ6 Hadiahnya