MotoGP: Deal, Tim Milik Valentino Rossi Jadi Tim Satelit Yamaha Mulai Musim 2025!

Selasa, 21/11/2023 23:39 WIB

mobilinanews (Qatar) - Setelah sekian lama jadi wacana, akhirnya VR46 Racing Team milik Valentino 'The Doctor' Rossi resmi menjadi tim satelit Yamaha pada musim 2025-2026.

Media Austria Speedweek mengabarkan deal kedua pihak telah terjadi di sela-sela GP Qatar lalu. Salah satu poin pentingnya adalah VR46 akan dipersenjatai setidaknya 1 unit YZR-M1 spek pabrikan.

Sejauh ini belum ada konfirmasi langsung dari pihak Yamaha maupun manajemen VR46. Tapi, melihat serangkaian pembicaraan selama ini, klaim itu bisa dipercaya karena VR46 hanya ingin menghormati kontraknya dengan Ducati hingga akhir musim 2024. 

Hal itu beberapa kali diungkapkan Direktur Tim VR46 Alessio Salucci yang juga sahabat dan tangan kanan Rossi dalam banyak hal.

Jika bertahan dengan Ducati maka VR46 akan sulit mendapatkan motor spek pabrikan, karena jatah itu sudah dimiliki tim satelit Pramac Ducati. Anak buah The Doctor hanya akan memperoleh Desmosedici GP yang setahun lebih tua, sama seperti jatah tim satelit lainnya, Gresini Ducati.

Itu salah satu yang mendorong VR46 bergabung dengan Yanaha yang  saat ini dan juga tahun depan tidak memiliki tim satelit sejak RNF pindah menjadi tim satelit Aprilia. 

Sebab lain adalah kedekatan lahir bathin Rossi dengan pabrikan Jepang itu, dimana The Doctor meraih 4 gelar juara MotoGP di atas M1. Fakta lain adalah status The Doctor sebagai ambasador Yamaha.

Marco Bezzecchi dipercaya akan menjadi joki utama saat VR46 akan bergabung dengan Yamaha. Rekan setimnya saat ini, Luca Marini yang juga adik tiri Rossi sepertinya tinggal menunggu pengumuman resmi menjadi rider tim Repsol Honda pada 2024 - menggantikan Marc Marquez.

Calon pendamping Bezzecchi dilaporkan akan datang dari Moto2. Dalam hal ini maka Fermin Aldeguer jadi incaran untuk gantikan Marini di 2024 sekaligus transisi ke musim 2025 bersama Yamaha.

Sayangnya, rencana itu gagal karena Aldeguer masih terikat kontrak di Moto2. Masalah sama juga jadi hambatan saat Rwpsol Honda juga sempat melirik rider muda Spanyol berumur 18 tahun itu.

Alternatif lain buat pengganti Marini di VR46 tahun depan adalah Fabio Giannantonio (Gresini Ducati) yang baru saja bikin kejutan dengan menjuarai GP Qatar. 

Jika benar Giannantonio masuk VR46 tahun depan tentu ia juga berpeluang masuk linen up VR46 Yamaha pada 2025, sepanjang aksinya masih mempesona seperti dalam 4 race belakangan ini. (rn)

 

TERKINI
BBM Baru Pengganti Pertalite Ternyata Mengandung Bioetanol, Begini Penjelasannya! WRC 2024 Rally Portugal: Kalle Rovanpera Out, 3 Joki Hyundai Mengepung Sebastien Ogier Suzuki Avenis 125, Motor Matic Terbaru dengan Desain Sporty dan Dinamis MotoGP 2024 Prancis: Martin Juara Sprint Race, Marquez Bintangnya Dari P13 ke P2