MotoGP 2023: Diintervensi Valentino Rossi, Besok Fabio Di Giannantonio Sudah Berseragam Tim VR46

Senin, 27/11/2023 20:39 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Tes resmi MotoGP di Valencia, Selasa (28/11), akan jadi debut Fabio Di Giannantonio di VR46 Ducati milik Valentino Rossi.

Diggia, panggilan pembalap tim Gresini Ducati itu baru saja (Senin 27/11 malam WIB) teken kontrak untuk gabung VR46 pada musim 2024. Sesuai dengan rumor dalam beberapa hari terakhir. Ia menggantikan Luca Marini yang tinggal pengumuman resmi bersama Repsol Honda tahun depan. Marini menggantikan Marc Marquez yang pindah ke Gresini Ducati meski masih punya kontrak di Honda. Dan, Marquez sendiri sejak bulan lalu sudah pastikan diri menggantikan Diggia di Gresini.

Lewat situs resmi VR46, Diggia dipastikan ikut mengaspal pada sesi tes resmi MotoGP di Valencia besok bersama Marco Bezzecchi.

Uniknya, setelah digantikan Marquez dan terancam nganggur musim depan, pamor Diggia justru melekat dalam beberapa race terakhir. Dimulai dari P4 di GP Indonesia, podium di Australia, juara di GP Qatar dan terakhir P2 di Valencia kemarin meski akhirnya diturunkan ke P4 akibat hukuman 3 detik. Penalti itu datang karena ia tertangkap basah mengempeskan ban saat race, kesalahan kali kedua yang ia lakukan.

Runner up Moto3 2018 itu  tak cukup bersinar saat naik ke Moto2, hanya 8 kali podium dengan 1 kemenangan di GP Spanyol 2021. Dan, saat naik ke kelas primer 2022 dan 2023, ia pembalap papan belakang sebelum bangkit dan moncer sejak seri Indonesia di Mandalika.

"Saya sangat bahagia bergabung dengan VR46, dalam tim dimana saya akan banyak belajar, bertambah matang, dan yakin akan meraih hasil positif. Saya tak sabar untuk bekerja bersama seluruh kru, juga tak sabar mencoba motor baru," jelas Diggia yang didampingi manajernya, Diego Tavano. 

Sementara itu, Direktur VR46 Racing  Uccio Salucci mengakui pilihan kepada Diggia datang pada menit-menit terakhir dan ikut ditentukan oleh team owner Valentino Rossi yang berada di Valencia.

"Saya senang kami telah memilihnya. Ia sama sekali tak putus asa meski dalam posisi yang sangat sulit. Ia bahkan bangkit dan tampil hebat dalam beberapa race terakhir musim ini," katanya.

Tokoh muda kepercayaan Rossi itu yakin Diggia akan berkembang bersama timnya, yang notabene tim Italia sebagaimana Gresini.

"Saya yakin di dalam tim ini ia akan merasa seperti di rumah sendiri. Kami akan membantunya tak hanya tampil kompetitif, tapi juga konsisten," imbuh Salucci. (rn)

TERKINI
Ancol Jakarta Supersport Championship 2024 Round 2 Berlangsung Sukses, Anondo Eko : Persiapan Lebih Maksimal Pelumas Lupromax Diakui Maksimalkan Performa Mesin di Lintasan Balap Drag Race Harley-Davidson Unveils 2024 Street Glide dan Road Glide: Moge dengan Teknologi Terkini dan Desain Revolusioner American Dreamin` The Dawn of A New Era: Harley-Davidson MY24 Mengukir Sejarah Baru di Jalanan Indonesia