MotoGP: Tim Besutan Razali Dicoret Jadi Peserta Kompetisi 2024, Tim Pengganti Sudah Menanti

Senin, 27/11/2023 22:26 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Dua hari lalu Razlan Razali mengundurkan dari hingar-bingar MotoGP. Senin (27/11) malam ini menyusul berita yang tak kalah mengejutkan: RNF dicoret dari daftar peserta 2024.

Razali, eks CEO Sirkuit Sepang dan Team Principal Petronas Yamaha Racing, mendirikan RNF Aprilia sekaligus pemilik 40% saham. Saham lain sebesar 60% dijual Razali kepada CryptoData pada akhir musim 2022 sekaligus jadi sponsor utama tim untuk 2023.

Kepergian Razali ditengarai oleh masalah finansial. Dan ini pula yang menjadi dasar pemecatan tim untuk kontestasi 2024.

Itu keputusan bersama Dorna Sports (penyelenggara MotoGP sekaligus pemegang hak komersialnya), FIM (Federasi Balap Motor Internasional) dan IRTA (Asosiasi Tim Balap Internasional) dalam rapat bersamanya di Valencia.

Alasannya adalah pelanggaran perjanjian kontrak yang berulang, tanpa menjelaskan detailnya. Tapi, kuat dugaan masalahnya juga sekitar keuangan. Banyak kewajiban tim yang belum terbayarkan kepada pihak ketiga.

Dalam keterangannya Dorna menyebut tim pengganti yang akan mengisi slot 2024 harus mempertahankan mesin Aprilia dan line up pembalap musim ini, termasuk struktur tim. 

Media The-Race pada 25 November lalu sudah membocorkan kalau tim pengganti yang dimaksud adalah Trackhouse Racing, tim balap AS yang selama ini berkompetisi di balap mobil Nascar. 

Klaim itu bersamaan dengan pengunduran diri Razali. Namun, sejauh ini belum ada klarifikasi resmi dari Dorna apakah Trackhouse Racing yang akan muncul pada musim 2024.

Yang jelas, sesuai dengan keputusan rapat hari ini maka tim baru nantinya harus membawa duet pembalap Miguel Oliveira dan Raul Fernandez yang musim ini mengisi line up RNF Aprilia.

Masih menurut The-Race, Dorna Sports sangat tertarik dengan minat Trackhouse Racing memasuki kancah balap motor, tak lain sebagai upaya untuk memperluas pasar MotoGP di AS sebagaimana telah sukses diraih serial balap F1. Apalagi tim itu juga di back-up oleh rapper kenamaan Pitbull sehingga keterlibatan selebriti koleganya akan mempercepat akselerasi pengembangan MotoGP di negeri Paman Sam. Sangat terbuka kemungkinan menambah jatah penyelenggaraan buat AS yang selama ini hanya diwakili GP Austin di Texas.

Masa transisi ke pihak Trackhouse diperkirakan akan berlangsung mulus. Tak lain karena bos Aprlia Massimo Rovola yang mantan petinggi tim Ferrari di F1 telah meluangkan banyak waktu rapat dengan pihak Trackhouse Racing sepanjang race weekend GP Valencia.

Dalam pertemuan itu juga dikabarkan tim baru ini nanti menggunakan motor RS-GP spek pabrikan (2024) yang sama dengan rider utama Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.

Kolaborasi Aprilia dan Trackhouse pun bergerak cepat. Tim satelit yang belum punya nama resmi untuk 2024 ini sudah terjadwal ikut tes resmi jelang musim 2024 di Valencia pada Selasa (28/11) esok. Joki yang mengaspal adalah Raul Fernandez dan pembalap penguji Aprilia Lorenzo Savadori.

Oliveira tak ikut jajal spek baru RS-GP karena dilanda cidera. (rn)

 

 

 

TERKINI
Chery Group Raih Total Penjualan 182.049 Unit di Bulan April, Meningkat 43,7 Persen Suzuki Swift 2024, Kombinasi Sempurna Gaya, Kenyamanan, Performa, dengan Harga Terjangkau OLXMobbi Jadi One Stop Solution Dalam Bisnis Mobil Bekas! Nissan Hadirkan Service Festival Livina, Mulai Paket Ganti Oli dan Filter