Sosialisasi Dikmas Lalu Lintas untuk Anak Usia Dini: Korlantas Polri Ajak Mengenal Disiplin dan Keselamatan

Jum'at, 01/12/2023 00:25 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Korlantas Polri telah menyelenggarakan acara sosialisasi mengenai fungsi Pendidikan Masyarakat (Dikmas) untuk anak usia dini, dengan tujuan menekankan pentingnya memahami dan mengenalkan disiplin lalu lintas sejak dini.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi, menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini memiliki signifikansi yang besar.

Baginya, anak-anak seharusnya sudah diperkenalkan dengan konsep tertib berlalu lintas sejak dini.

"Usia 0-5 tahun adalah masa penyerapan pengetahuan dan informasi. Usia ini disebut sebagai masa golden age atau masa keemasan di mana perkembangan saraf motorik dan kognitif anak berada dalam tahapan terpenting," ungkapnya di Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara, Buperta Cibubur, Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Kegiatan sosialisasi lalu lintas untuk anak usia dini dihadirkan dengan konsep yang menarik.

Berbagai kegiatan menarik diselenggarakan untuk anak-anak, seperti mewarnai, membuat kolase, mendengarkan dongeng anak, pengenalan rambu lalu lintas, kunjungan ke museum lalu lintas, dan pemutaran film animasi tiga dimensi yang menampilkan karakter polisi lalu lintas masa depan, Pollman, di Mini Theater Taman Lalu Lintas Cibubur.

Tak hanya itu, kegiatan sosialisasi ini juga menjadi momen bagi Korlantas Polri untuk memperkenalkan karakter polisi Pollman.

Dengan adanya tokoh Pollman ini, diharapkan proses pengenalan dan penanaman nilai-nilai edukasi lalu lintas dapat menjadi lebih mudah bagi anak-anak.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan luas, termasuk dari Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi), yang berkolaborasi dalam penyelenggaraan kegiatan ini.

"Kami sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Mengapa? Karena melalui kegiatan ini, kami dapat memperkenalkan konsep tertib lalu lintas dengan cara yang menyenangkan," ujar Ketua Pengurus Wilayah Himpaudi DKI Jakarta, Suryani Tholib.

TERKINI
Awas! Menyemprot Bagian Dalam Mesin Dengan Angin Kompresor Ternyata Dapat Berbahaya Untuk Motor MotoGP 2024: Demi Kursi di Tim Pabrikan Ducati, Marc Marquez Rela Korbankan 5 Sponsor Setianya Perkuat Layanan, Chery Buka Diler Baru di Jalan Veteran Makassar Sulawesi Selatan Dukung Kemajuan SDM Siswa, Auto2000 Edukasi Pelajar SMK Tentang Mobil Listrik