Terungkap Kronologi Meninggalnya Eddy Rumpoko Mantan Ketua Pengprov IMI Jawa Timur, Bermula Salah Makan

Kamis, 30/11/2023 15:08 WIB

mobilinanews (Semarang) - Mantan Ketua Pengprov IMI Jawa Timur periode 2000 - 2004, H Eddy Rumpoko telah berpulang Kamis (30/11/2023) di RS Kariadi Semarang, Jawa Tengah.

Menurut Bambang Kapten, Ketua Pengprov IMI Jawa Timur, Eddy Rumpoko meninggal karena sakit.

“Pak Eddy Rumpoko adalah sosok pemimpin yang memperhatikan anak buah, dan selalu ingin berbuat yang terbaik untuk IMI Jatim,” ungkap Bambang Kapten tentang sosok Eddy Rumpoko.

Saat Eddy Rumpoko menjadi Ketua IMI Jatim, Bambang Kapten menjadi salah satu pengurus inti.

H Anton Abdullah, Ketua Pengprov IMI Jatim yang meneruskan tongkat estafet Eddy setelah lengser menyebut Eddy sosok yang mengutamakan kerja tim dan menjalankan organisasi IMI.

Selain itu, Eddy Rumpoko merupakan pemimpin yang mengayomi. “Kerja satu tim dengan beliau itu enak, karena selalu melibatkan anggota tim lainnya,” terang H Anton Abdullah, yang juga menjadi pengurus utama saat Eddy Rumpoko jadi nahkoda IMI Jatim.

Iya, Wali Kota Batu periode 2007-2017 H. Eddy Rumpoko meninggal dunia pada usia 63 tahun. Eddy Rumpoko meninggal dunia pada Kamis, (30/11/2023) sekitar pukul 05.30 WIB di RS dr. Kariadi Semarang, Jl. Diponegoro,Semarang.

Berdasarkan informasi yang diterima, jenazah akan dimakamkan di Kota Batu.

"Mohon dimaafkan bila ada salahnya. Akan dimakamkan di Batu, Malang. (FIM)," tulis berita duka yang beredar di WA Grup, dikutip Kamis, (30/11/2023).

Keluarga juga memohon maaf pada masyarakat atas kematian.

“Nyuwun pangapunten ingkang sakageng - agengipun dhumateng para sedherek awit sedaya kalepatan lan ugi kekhilafan Almarhum Mas Eddy Rumpoko kala sugengipun,” ungkap pihak keluarga.

Keluarga juga menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat pada almarhum semasa hidup.

“Ngaturaken maturnuwun sanget dhumateng para sedherek sedaya perhatian, sedaya dukungan lan doa dhumateng almarhum,” ungkap pihak keluarga.

Biografi Eddy Rumpoko

H Eddy Rumpoko lahir di Manado, Sulawesi Utara pada 8 Agustus 1960. Eddy Rumpoko menjabat sebagai wali Kota Batu yang sejak 24 Desember 2007.

Periode pertama pada tahun 2007-2012, dia didampingi oleh PKB asli kelahiran Kota Batu, Budiono sebagai wakil wali kota.

Lima tahun memimpin Kota Batu menjadikan popularitas Eddy Rumpoko semakin tinggi, sehingga dia mencalonkan kembali pada tahun 2012.

Namun, kali ini berpasangan dengan politisi PDI Perjuangan, Punjul Santoso dan kembali memenangkan kontestasi.

Saat itu pasangan Eddy Rumpoko-Punjul Santoso berhasil memenangkan pilkada Kota Batu tahun 2012 dengan memperoleh suara sebesar 46.724 suara (44,7 persen).

Kemudian Eddy Rumpoko dilantik menjadi wali kota periode kedua pada tanggal 26 Desember 2012.

Pada periode kedua itu, Eddy Rumpoko punya mimpi besar, yakni hasil sayuran dari Kota Batu bisa diangkut menggunakan kereta api untuk dipasarkan di wilayah Jakarta setiap hari.

Misinya jelas, meningkatkan taraf hidup para petani sayur di Kota Batu.

Oleh karena itu, saat itu Eddy Rumpoko mendatangi PT INKA untuk menawarkan kerja sama.

Sebelum menjadi wali kota, ia beberapa menduduki jabatan direktur utama sejumlah perusahaan, yakni PT Unicora Agung, PT Janaka Agung, dan PT Duta Perkasa Unggul Lestari. 

Eddy juga pernah tercatat sebagai Komisaris Harian Umum Malang Post.

Dalam hal berorganisasi, Eddy pernah menjabat dalam Pengurus Daerah Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Timur, menjadi Generasi Muda Forum Komunikasi Putra-putri Purnawirawan TNI/Polri (GM FKPPI) Jawa Timur.

Serta anggota Pemuda Pancasila Jawa Timur. Namanya juga masuk dalam anggota DPP PDI Perjuangan. 

Terungkap Kronologi Meninggalnya Eddy Tumpoko

Terungkap kronologi mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko yang meninggal dunia pada Kamis (30/11/2023) pagi.

Mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko meninggal dunia setelah dirawat di ICU dan mengalami koma.

Berdasarkan informasi yang didapat dari keluarga, Eddy Rumpoko meninggal dunia setelah dilarikan ke rumah sakit akibat salah makan.

Pasca mengalami diare, Eddy Rumpoko dirawat di ICU karena bagian lambung yang bermasalah.

“Informasinya saat ini jenazah masih berada di Semarang,” kata Kepala Diskominfo Kota Batu Onny Ardianto.

Mantan Wali Kota Batu tersebut mengalami diare yang berujung sesak napas hingga alami gangguan di jantung.

Pasca mengalami koma dan kesehatan terus menurun, pada pukul 05.13 WIB, mantan Wali Kota Batu tersebut akhirnya meninggal dunia. (hilary)

TERKINI
Seorang Ketua Pengda dan 3 Ketua Pengcab HDCI Dilantik Bersamaan Pada Halal Bihalal HDCI di Sinar Mas Land Plaza Kemarin Masih Bertugas Sebagai Steward di Slalom Ancol, Nurie Salmun Berpulang Tadi Siang Karena Sakit Jantung Nikmati ALVA Experience Center di Gading Serpong O-UNIVERSE: Sebuah Ekosistem Fesyen dan Teknologi OMODA untuk Dunia