Chery Didukung Pemerintah Indonesia dan China, Membangun Ekosistem Kendaraan Listrik di Tanah Air

Rabu, 06/12/2023 11:38 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Chery sukses meraih dukungan penuh dari pemerintah Indonesia dan China untuk memajukan produksi kendaraan listrik di tanah air.

Hal ini dibuktikan dengan kehadiran perwakilan dari pemerintah Indonesia dan pemerintah China pada acara Roll Off Ceremony OMODA E5 yang diadakan Sabtu, (2/12/2023)

Acara itu dihadiri Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Ali Murtopo, Deputi Menteri Bidang Perniagaan dan Industri, Cahyo Purnomo, Direktur Promosi Menteri Investasi untuk wilayah Asia Timur dan pejabat tinnggi lainnya.

Sementara dari pemerintahan China, hadir Shan Xiangqian, Wakil Gubernur Provinsi Anhui, Luo Guangyong, Wakil Sekretaris Provinsi Anhui, Yang Benqing, Wakil Direktur Departemen Perdagangan Provinsi Anhui, dan Wang Nianbao, Wakil Direktur Kantor Luar Negeri Provinsi Anhui.

Airlangga Hartarto mengapresiasi komitmen Chery untuk meningkatkan lokal konten dari semua model mobil sesegera mungkin sebagai kontribusi dan dukungan dalam memajukan industri lokal tanah air.

“Pemerintah Indonesia akan terus mendukung komitmen Chery di Indonesia agar dapat meningkatkan daya saing industri, baik dari backward maupun forward linkage,” ujar Airlangga.

Selain menantikan kehadiran pabrik Chery di Indonesia, Airlangga juga mendorong Chery untuk dapat memprioritaskan Indonesia sebagai basis produksi dan distribusi kendaraan listrik kepada pasar global karena akan turut memperkuat ekosistem mobil listrik di Indonesia yang saat ini sudah tumbuh.

Chery telah memulai produksi otomotifnya sejak tahun 1999 dan mengekspor mobil buatannya ke luar negeri sejak tahun 2003.

Sebagai sebuah perusahaan yang berstatus Badan Usaha Milik Daerah, Chery telah memberikan kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan perekonomian Provinsi Anhui.

Kini, dengan dimulainya produksi OMODA E5 dan semakin kuatnya pasar Chery di Indonesia, menjadikan hubungan sektor perekonomian antara Indonesia dan China lebih berkesinambungan dan saling memberikan andil positif.

Mewakili pemerintah Provinsi Anhui, China, Shan Xiangqian, Wakil Gubernur Provinsi Anhui, China, menyoroti signifikansi pengembangan pasar mobil setir kanan di Indonesia, yang memiliki potensi pasar yang sangat besar.

"Kami melihat investasi dan pengembangan Chery di Indonesia sebagai peluang untuk memajukan industri suku cadang mobil di negeri ini, sehingga dapat mendorong pertumbuhan perusahaan suku cadang mobil di Indonesia," tuturnya.

Chen Chunqing, President PT Chery Sales Indonesia, menyambut baik dukungan penuh dari kedua pemerintah karena akan semakin mendukung perkembangan Chery di negeri seribu palau ini.

"Kami berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor untuk mobil listrik. Bagi Chery, kerja sama yang terjalin di antara dua negara bukan hanya semata-mata tentang kendaraan listrik tetapi juga tentang membawa revolusi hijau dan teknologi mutakhir ke industri otomotif Indonesia, membentuk masa depan mobilitas yang berkelanjutan,” ujar Chen Chunqing.

Produksi EV untuk Indonesia saat ini dimulai dengan OMODA E5, dan kedepannya akan dilanjutkan dengan produksi model-model EV yang lainnya.

Infrastruktur pabrik CKD Chery telah dilengkapi dengan alat-alat produksi kendaraan listrik yang canggih yang sesuai dengan standar global Chery.(erwin)

TERKINI
Harley-Davidson Unveils 2024 Street Glide dan Road Glide: Moge dengan Teknologi Terkini dan Desain Revolusioner American Dreamin` The Dawn of A New Era: Harley-Davidson MY24 Mengukir Sejarah Baru di Jalanan Indonesia Suzuki Burgman Street 125 EX Punya Beberapa Keunggulan Ini, Bikin Honda Vario 125 Minggir Siap-Siap, Chery TIGGO 5X Segera Meluncur Akhir Bulan Ini!