MotoGP : Aprilia Sambut Tim Satelit Trackhouse Racing, Jalan Pintas Menambah Jatah Lomba di Amerika

Rabu, 06/12/2023 22:13 WIB

mobilinanews (Italia) - Bos Aprilia Massimo Rivola antusias menyambut kedatangan Trackhouse Racing  di grid MotoGP 2024 sebagai tim satelit Aprilia. Sasaran ke depan adalah menambah seri lomba di bumi AS.

Trackhouse adalah tim motorsport yang main di IndyCar. Mulai musim depan mereka meneruskan tim RNF Aprilia besutan Razlan Razali yang kesulitan keuangan dan dicoret dari daftar tim MotoGP.

Pembalap eks RNF Miguel Oliveira dan Raul Fernandez dipertahankan.

"Mereka minta motor spek pabrikan. Dalam waktu yang sangat singkat ini kami butuh keajaiban untuk mewujudkannya," ujar Rivola yang mantan petinggi tim Ferrari di F1 itu.

Namun ia berjanji akan berusaha memasok motor satelit tahun depan sedekat mungkin sama dengan besutan rider pabrikan Aprilia Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.

Kehadiran sebuah tim AS di MotoGP, katanya, sangat penting karena selama ini hanya ada pembalap AS yang berkecimpung di dalamnya.

Dan, meski di masa lalu beberapa pembalap AS menjadi juara di kelas primer tapi faktanya pertumbuhan bisnis MotoGP di Negeri Paman Sam itu cenderung lamban.

"Dengan hadirnya tim AS maka pertumbuhan itu bisa dipercepat. Sudah waktunya untuk menambah seri lomba di Amerika. Mengikuti F1 yang tumbuh pesat dan sekarang negara itu punya 3 round F1 setiap tahunnya."

Saat ini race MotoGP di AS hanya berlangsung di Austin, Texas. Rivola yakin Dorna Sports juga sudah memikirkan seri tambahan di AS. Itu tak hanya bagus buat Aprilia tetapi juga bagus dalam upaya mengakselerasi kesemarakan balap MotoGP di AS.

"Saya sudah dengar ada upaya Dorna untuk menambah seri di AS. Itu bagus karena AS adalah pasar yang sangat penting."

Sayangnya, lanjut Rivola, tak mungkin menggelar MotoGP di tengah kota seperti halnya GP Miami dan Las Vegas yang dikemas dengan unsur entertainment spektakular dan dalam waktu relatif singkat mengundang antusiasme fans yang sangat besar.

"MotoGP harus mencari format lain dengan unsur show yang unik seperti di F1. AS sudah lahirkan beberapa juara dunia asal AS (Wayne Rainey, Kevin Schwantz, Kenny Roberts Jr dan Nicky Hayden). Siapa tahu nantinya ada juara dunia lainnya yang lahir dari Trackhouse dan Aprilia," pungkas Rivola.

Aprilia sendiri menyongsong musim 2024 dengan sukacita. Tak lain karena RS-GP besutan Vinales menjadi motor tercepat dalam tes resmi MotoGP di Valencia, Spanyol, pekan lalu. (rn)

 

 

TERKINI
Keuntungan Memiliki Wuling Cloud EV, Didukung Layanan Lifetime Core Component Warranty, Ini Penjelasannya Luthfi AB, Crosser Cilik Berbakat Dari Amuntai Kalimantan Selatan Dukung Jambore Nasional Mercedes-Benz Club Indonesia di Bali, Bamsoet : Bantu Pemerintah Promosikan Destinasi Wisata Brand GWM Resmikan Diler 3S Pertamanya di Indonesia