Pirelli Pergi, Hankook Jadi Pemasok Ban World Rally Championship 2025-2027

Sabtu, 09/12/2023 00:08 WIB

mobilinanews (Azerbaijan) - Pabrikan ban Italia, Pirelli, menarik diri dari serial World Rally Championship (WRC) di akhir musim 2024. Pabrikan Korea, Hankook, masuk sebagai pemasok baru untuk musim 2025 sampai 2027.

Itu salah satu keputusan hasil rapat maraton FIA World Motorsport Council di Baku, Azerbaijan.

Pirelli yang jadi pemasok ban seluruh mobil WRC berpenggerak 4 roda (4WD) sudah menyatakan mengundurkan diri pada September lalu setelah berkecimpung sejak 2021.

Ada tiga brand yang masuk ke meja FIA untuk.menjadi pengganti Pirelli. Yakni Hankook, Michelin dan MRF. Akhirnya Hankook yang terpilih namun tak ada alasan FIA mengapa memilih merek tersebut.

Dengan begitu Hankook akan memasok seluruh kebutuhan ban mobil-mobil peserta kelas RC1, RC2 dan RC3 di WRC terhitung sejak 1 Januari 2025 hingga akhir tahun 2027.

Hankook sendiri bukan pemain baru di kancah reli mobil. Sejak 1990-an sudah banyak digunakan para perally Asia Pasifik meski bukan sebagai pemasok resmi. Tahun ini pun Hankook menyukai sejumlah tim Rally2 dan Rally4  yang berlaga di Kejuaraan Eropa (ERC).

Tahun ini juga Hankook menjadi pemasok ban tunggal untuk kejuaraan ERC Junior. Karena itu terpilih jadi pemasok untuk WRC jadi sebuah lompatan besar buat Hankook yang selama ini juga popularitas di ajang balap DTM. (rn)

 

 

TERKINI
Ancol Jakarta Supersport Championship 2024 Round 2 Berlangsung Sukses, Anondo Eko : Persiapan Lebih Maksimal Pelumas Lupromax Diakui Maksimalkan Performa Mesin di Lintasan Balap Drag Race Harley-Davidson Unveils 2024 Street Glide dan Road Glide: Moge dengan Teknologi Terkini dan Desain Revolusioner American Dreamin` The Dawn of A New Era: Harley-Davidson MY24 Mengukir Sejarah Baru di Jalanan Indonesia