WRC 2024: Livery Yaris GR Rally1 Toyota Gazoo Racing Berubah Drastis dan Lebih Agesif, Ini Filosofinya

Kamis, 14/12/2023 01:01 WIB

mobilinanews (Jepang) - Ada nuansa baru di musim kompetisi World Rally Championship (WRC) 2024. Yakni tampilan Yaris GR Rally1 yang berubah drastis, eye-cat catching, dan tampak bringas.

Toyota telah meluncurkan livery baru itu di Jepang pada Selasa kemarin. Kalau tahun ini livery Toyota setia pada kelir korporat berwarna merah dan putih, untuk musim 2024 berubah drastis. Polesan merah dan putih masih ada, tapi yang sangat dominan adalah hitam. Warna lainnya, silver, ditempatkan dalam bentuk persegi di atap mobil.

Livery baru itu akan menyertai para driver Toyota Gazoo Racing di kompetisi FIA-WRC dan FIA-WEC (World Endurance Championship) 2024.

Team Principal Jari-Matti Latvala mengaku penggemar berat dan sangat antusias menyambut tampilan baru itu  “Saya sangat bangga dan merasa terhormat bisa menunjukkan kepada Anda GR Yaris Rally1 baru untuk musim WRC 2024. Dalam warna dan desain yang benar-benar baru dibandingkan tahun lalu."

“Ini saat yang menyenangkan dengan GR Yaris facelift untuk tahun 2024. Tampilan yang menarik dan segar untuk para penggemar. Terlihat sporty, penuh tujuan dan eye-catching. Inilah yang dimaksud dengan mobil reli," kata Latvala.

Dalam mengkomunikasikan warna baru tersebut, Toyota menyatakan ada dua  makna filosofi livery hitam untuk GR Yaris Rally1 di WRC dan GR010 Hybrid di mobil  WEC. Salah satu maknanya adalah ‘kecepatan’ yang mewakili semangat tim yang membenci kekalahan.

 “Makna lainnya adalah ‘prototipe’ yang mewakili pembuatan mobil-mobil motorsport yang lebih baik dan terus berkembang.”

Selain warna hitam, putih dan merah, mobil-mobil ini memiliki atap reflektif berwarna perak di atap mobil. Tak sekadar mempercantik pandangan mata, tapi itu juga jadi simbol kenyamanan kru di dalam kokpit.

Untuk musim WRC 2024, Toyota Gazoo Racing hanya menurunkan Elfyn Evans dan Kanamoto Katsuta sebagai perally reguler dengan target bersaing dalam perebutan gelar 2024. 

Kalle Rovanpera sebagai juara dunia 2022 dan 2023 secara mengejutkan menyatakan mundur dari kontestasi perebutan gelar. Ia hanya menjadi perally part time dan turun hanya di beberapa seri lomba. Alasannya adalah refreshing.

Perally senior Sebastien Ogier juga melanjutkan peran sebagai part timer di Toyota. Dengan begitu, Ogier dan Rovanpera akan tampil bergantian menjadi driver ketiga Toyota sepanjang musim 2024. (rn)

 

 

TERKINI
Ancol Jakarta Supersport Championship 2024 Round 2 Berlangsung Sukses, Anondo Eko : Persiapan Lebih Maksimal Pelumas Lupromax Diakui Maksimalkan Performa Mesin di Lintasan Balap Drag Race Harley-Davidson Unveils 2024 Street Glide dan Road Glide: Moge dengan Teknologi Terkini dan Desain Revolusioner American Dreamin` The Dawn of A New Era: Harley-Davidson MY24 Mengukir Sejarah Baru di Jalanan Indonesia