Dakar 2024 Arab Saudi: 5 Drivers Mengisi Line-Up Toyota Gazoo Racing, Termasuk Remaja 18 Tahun Ini

Jum'at, 15/12/2023 00:15 WIB

mobilinanews (Afsel) - Toyota Gazoo Racing (TGR) tetap bergairah menyongsong Rally Dakar 2024 di Arab Saudi meski tanpa juara bertahan Nasser Al Attiyah yang memilih bikin tim sendiri berkolaborasi dengan Prodrive.

Lima drivers sudah disiapkan mengisi kokpit edisi baru Toyota Hilux.

Perally senior di ajang Dakar, Giniel de Villiers (Afsel) akan memimpin skuad TGR ke Dakar 2024 pada 5-19 Januari 2024 di gurun pasir Arab Saudi. 

De Villiers layak dalam posisi itu karena ia adalah pengembang dan penguji Toyota Hilux GR DKR EVO T1U yang akan diandalkan Toyota di ajang Dakar maupun serial 2024 FIA World Rally-Raid Championship.

Mobil ini alami berbagai perubahan dari edisi tahun lalu, yang utama adalah area suspensi dan sistem pendinginan mesin. Ada juga perubahan pada dimensinya, lebih lebar 100mm dari versi tahun lalu.

Karena paham betul detail mobil itu, De Villiers pun mengaku tak sabar mengujinya dalam ajang lomba sesungguhnya.

"Saya masih kompetitif. Saya tahu mobil ini bagus, tim ini bagus, dan kami punya peluang bagus di 2024," tegas De Villiers, juara Dakar 2009.

Ia akan didampingi Lucas Moraes (Brasil) dan Seth Quintero (AS). Mereka berdua juga akan mewakili Toyota di ajang kompetisi World Rally-Raid 2024.

Dua seat lainnya diisi oleh joki  asal Afsel lainnya, yakni Guy Botteriil  (37 tahun) dan remaja Saood  Variawa yang masih berusia 18 tahun.

Keduanya mendapat porsi ke Dakar 2024 berkat prestasi mereka di kejuaraan Afrika sepanjang 2023.

Variawa jadi perhatian tak lain karena ia adalah investasi Toyota untuk stok pembalap masa depan.

Team Principal Alain Dujardyn menyebut timnya memang tengah start memulai babak baru sepeninggal Al Attiyah. Tetap membidik gelar juara, namun saat sama juga menyiapkan talenta muda untuk jangka panjang.

Talenta muda yang ia sebut tentu saja Variawa.

"Dakar 2024 jadi kesempatan pertama saya berkompetisi di atas mobil Rally-Raid terkencang sedunia. Akan sangat menyenangkan, berlomba dengan nama-nama tenar. Saya yakin bisa fight sejak awal," tegas Variawa yang akan tercatat sebagai driver termuda dalam daftar peserta Rally Dakar. (rn)

TERKINI