Wuling Motors dan Telkomsel Resmikan Kolaborasi Strategis Dorong Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

Sabtu, 16/12/2023 07:35 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pada Jumat, 15 Desember 2023, Wuling Motors (Wuling) mengumumkan peluncuran kendaraan listrik terbarunya, BinguoEV, sambil meresmikan kemitraan strategis dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), bagian dari Telkom Group, sebagai digital ecosystem enabler di Indonesia.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang berlangsung di Kota Kasablanka menjadi momen penting dalam memperkuat komitmen Wuling untuk menyediakan pengalaman berkendara yang terhubung dan inovatif bagi pelanggan kendaraan listriknya.

Melalui kerjasama ini, Wuling akan memanfaatkan jaringan dan layanan digital unggulan Telkomsel untuk menciptakan landasan yang solid dalam menghadirkan solusi mobilitas cerdas dan terintegrasi di era kendaraan ramah lingkungan.

"Dengan bangga, kami mengumumkan kolaborasi strategis antara Wuling dan Telkomsel, langkah penting dalam memperkuat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Kolaborasi ini tidak hanya fokus pada pengembangan layanan Internet of Vehicle untuk pengguna Wuling EV, tetapi juga menciptakan ekosistem yang mendukung mobilitas berkelanjutan secara menyeluruh," tutur Dian Asmahani, Sales & Marketing Director Wuling Motors.

Salah satu aspek kolaborasi ini adalah implementasi Internet of Vehicle (Connected Car) untuk meningkatkan konektivitas dan pengalaman berkendara.

Wuling akan menggunakan infrastruktur jaringan Telkomsel dengan menyematkan profil kartu SIM B2B Telkomsel pada kendaraan listrik Wuling.

Hal ini memungkinkan pemilik mobil listrik Wuling untuk menikmati layanan telematika canggih, termasuk pemantauan kondisi kendaraan, navigasi pintar, dan hiburan di dalam mobil, menciptakan pengalaman berkendara yang lebih cerdas dan terintegrasi dengan memanfaatkan solusi Internet of Things (IoT).

Selain itu, Wuling juga menjalin kerjasama dengan Telkomsel dalam bidang Fleet Management System.

Telkomsel akan menyediakan solusi IoT khusus untuk sistem manajemen armada, termasuk pemantauan real-time dan pelaporan kinerja kendaraan, serta integrasi yang tepat untuk stasiun pengisian daya kendaraan listrik.

Kerja sama ini bertujuan menciptakan sistem manajemen armada yang efisien dan terhubung, memberikan peluang untuk meningkatkan produktivitas dalam penggunaan armada yang sesuai dengan tuntutan teknologi energi terbarukan demi terwujudnya masa depan yang berkelanjutan.

TERKINI
Chery Group Raih Total Penjualan 182.049 Unit di Bulan April, Meningkat 43,7 Persen Suzuki Swift 2024, Kombinasi Sempurna Gaya, Kenyamanan, Performa, dengan Harga Terjangkau OLXMobbi Jadi One Stop Solution Dalam Bisnis Mobil Bekas! Nissan Hadirkan Service Festival Livina, Mulai Paket Ganti Oli dan Filter