Juara Kelas Junior Rok Eshark Year End Race 2023, Dominic Setiawan : Ini Balapan Gokart Terbaik Dalam Hidupku

Minggu, 17/12/2023 17:08 WIB

mobilinanews (Bogor) - Pegokart muda berbakat Dominic Brayden Benedict Setiawan (12 tahun) dari tim DnA Racing Corporation berhasil menjuarai kelas Junior Rok pada debutnya di level nasional.

Domi - sapaan karibnya - menyabet juara 1 kelas Junior Rok pada event bertajuk Eshark Year End Race 2023 yang dlangsungkan di Sentul International Karting Circuit, Bogor, Minggu (17/12/2023) hari ini.

Selebrasi ala Dominic Setiawan saat menerjang finish line

Dan ternyata, ini menjadi balapan gokart terbaik sepanjang 1,5 tahun berkiprah. "Iya, Eshark Year End Year 2023 ini, balapan terbaik dalam hidupku," ujar Domi kepada mobilinanews.

"Saya merasa telah melakukan yang terbaik dan progress cepat. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang telah mensupport dan mau membiayai saya balapan. Dan, ini cara hebat mengakhiri 2023, dan mari kita lihat apa yang bisa lakukan pada musim depan," lanjut Domi yang sekolah di Highscop Kelapa Gading Jakarta Utara.   

Domi bersama Sendy Setiawan, ayah sekaligus mentor sejati

Namun perjalanan Domi menjadi juara cukup berliku dan menarik untuk disimak. Pada sesi QTT, ia mendapat sanksi DQ (Diskualifikasi) karena underweight 0,2 kg.

Kemudian pada Sesi Heat, ia menjadi yang tercepat ketiga. Namun kemudian Domi yang sempat Chuby (alias gendut dan overweight) bangkit menjadi yang tercepat pada sesi PreFinal dan Final. 

Domi bahkan leading hingga 9 detik dari pegokart urutan kedua Risyad Sammy Hilabi (NEO Racing Team) pada sesi Final yang dilangsungkan sekitar pukul 14.00 WIB. 

Pada balapan tersebut, Domi mencetak Fastest dari sesi Heat hingga Final. Ia menjadi pegokart kelas Junior satu-satunya berhasil mencetak waktu di bawah 51 detik, dengan race pace konsisten 0.2-0.3 dari best lap.

Sempat DQ di sesi QTT, Domi kemudian tak terhadang di PreFinal dan Final

"Puji Tuhan, "perjuangan" Domi akhirnya mulai membuahkan hasil. Di level nasional, memang dia baru kali ini di Junior. Tapi sebelumnya, Domi sudah dua kali melakukannya di sirkuit Sepang (Malaysia) dan Thailand," ungkap Sendy Setiawan, sang ayah yang pengusaha muda nan sukses dan pembalap mobil senior.

Saat itu, lanjut Sendy, Domi dipilih untuk memperkuat kontingen Indonesia pada ajang Asia Pacific Motorsport Championship (APMC) di sirkuit Sepang, Malaysia, 30 September hingga 1 Oktober 2023. Di event ini, diikuti 18 pegokart. 

Domi, trofi juara dan skuad teknik DnA Racing Corporation

Selanjutnya di final round Asia Rotax Max di Thailand, Domi juga turun di kelas Junior. Di sini, lebih gokil lagi. Karena total pegokart yang berkompetisi di kelas Junior terbanyak, 28 pegokart.

"Di kedua event tersebut, Domi menempati urutan 5 dari belakang. Jadi, Domi memang sudah memiliki sedikit pengalaman di Junior, sebelum turun di Eshark Year End Race 2023 ini," terang Sendy.

Di kelas Junior Rok event Eshark Year End Race 2023, juara 2 hingga 5 masing-masing ditempati Risyad Sammy Hilabi (NEO Racing Team), M Rifat Yusuf (Team HDM), Rasyad Sammy Hilabi (NEO Racing Team) dan Abyan Seno Prabowo (DSR Racing). (bs)

 

TERKINI
Pernyataan Resmi Chery Indonesia, 420 Unit OMODA 5 Alami Masalah! Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang Panduan Lengkap Menjual Mobil Bekas dengan Sukses, Ada 12 Langkah Jitu Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Berebut Titel Juara Dunia MotoGP 2024