Hot News Dari Bologna, Ducati Mulai Tarung di Kompetisi Motokros Dengan Joki Kelas Juara

Selasa, 19/12/2023 01:18 WIB

mobilinanews (Italia) - Kota Bologna di Italia pada Minggu (17/12) dipenuhi ribuan Ducatisti yang datang dengan motor Ducati masing-masing. Ikut bersuka-cita dalam pesta kemenangan Ducati, Campione in Festa

Ajang akbar ini diseting untuk mengapresiasi para pembalap Ducati yang juara di kompetisi balap.motor paling bergengsi: MotoGP,  WSBK, dan World SSP. Masing-masing lewat Francesco Bagnaia, Alvaro Bautista dan Nicolo Bulega. Semuanya rider Italia di atas motor made in Italy.

Ketiganya naik panggung dengan motor 2023 masing-masing. Semuanya disambut histeris para Ducatisti, yang sebagian sudah berada di lokasi dan berkemah sehari sebelumnya.

Ikut naik panggung adalah Jorge Martin (Pramac Ducati) dan Marco Bezzecchi (VR46 Ducati) yang menemani Bagnaia di 3 Besar klasemen MotoGP 2023, sebagai penegasan betapa dominan Ducati di kejuaraan balap motor dunia saat ini.

Reputasi itulah yang membuat GM Ducati Corse Luigi Dall'Igna sangat emosional saat beri kata sambutan. Ia bercerita proses panjang yang Ducati jalani sebelum tiba pada keberadaan saat ini.

Tak hanya pesta. Ducati pun bersemangat tinggi membuka lembaran baru di ajang balap motor dengan cara kali pertama akan mengikuti kejuaraan motokros. Pastinya, pabrikan Italia ini juga siap  memproduksi motor jenis trail kompetisi untuk kali pertama.

Sebagai langkah awal  Ducati akan terjun di kejuaraan nasional Italia 2024. Krosernya adalah Alesandro Lupino (juara nasional Italia 8 kali) dan Antonio Cairoli (9 kali memenangkan Kejuaraan Dunia MX).

Keduanya ikut tampil di Campione in Festa. Naik panggung bersama seluruh rider dan petinggi Ducati. Khusus untuk Bautista dan Bulega, ini penampilan perdana mereka sebagai rekan setim. Ya  musim depan Bulega raih promosi jadi pendamping Bautista di Garasi tim aruba.it di kancah WSBK.

Terobosan lain adalah proyek Ducati untuk memproduksi serial motor eksklusif untuk para kolektor dengan edisi terbatas dan masing-masing punya nomor seri. Itu, kata Dall'Igna untuk memperingati berbagai rekor yang ditorehkan Ducati pada 2023.

Replica Ducati Panigale V4 bergambar Bagnaia pada tangki motor akan diproduksi 263 unit dengan livery Giallo Ducati (Ducati Kuning) seperti digunakan Bagnaia di GP Misano lalu. Sedangkan Panigale V4 serial Bautista dibuat 219 unit. Juga dengan corak Giallo Ducati.

Replica motor lainnya didedikasikan untuk Bulega berupa Panigale V2 sebanyak 111 unit, Panigale V4 buat Martin dan Bezzecchi masing-masing 189 dan 72 unit.

Angka produksi motor koleksi itu disesuaikan dengan nomor favorit masing-masing pembalap dalam bentuk 2 angka terakhir seperti Bagnaia (63), Bautista (19), Martin (89) dan Bezzecchi (72).

Sayangnya, Ducati belum merilis berapa harga Panigale edisi collector item ini. (rn)

 

TERKINI
Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Bersaing Untuk Titel Juara Dunia MotoGP 2024 Apresiasi Prestasi Timnas, Hyundai Serahkan Genesis Electrified G80 ke Shin Tae-yong Saling Kejar Poin di Kejurnas Grasstrack Region 4 Putaran 2 Kalimantan Selatan, Ini Dia Jawaranya Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang, Tingkatkan Pendidikan Vokasi