Penjualan Spare Parts Suzuki Lewat Aplikasi Meningkat Tajam Hingga Akhir 2023, Ini Alasannya

Kamis, 21/12/2023 19:20 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Suzuki terus memberikan akses yang mudah bagi konsumennya dalam mendapatkan semua spare parts hingga pelumas dan layanan servis hanya dari genggaman.

Hal ini sudah dilakukan melalui aplikasi MySuzuki sejak tahun 2018.

Dalam perjalanannya layanan pembelian spare parts, aksesoris, genuine oil & chemical, hingga layanan booking service secara online, terus mengalami peningkatan penjualan hingga penghujung tahun 2023.

Pertumbuhan positif ini dicatat mencapai angka peningkatan 46% untuk penjualan spare parts sepeda motor dan mobil jika dibandingkan dengan Oktober 2023, dan peningkatan sebanyak 79% year on year (yoy).

Pertumbuhan penjualan ini diyakini berkat kelengkapan layanan yang ditawarkan pada aplikasi MySuzuki sehingga kemudahan transaksi dan kepastian kedatangan spare parts pesanan pelanggan dapat dilacak sekaligus dalam satu aplikasi pintar.

Spare Parts Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Christiana Yuwantie mengatakan bahwa Suzuki berusaha menjawab kebutuhan pelanggan dan mengikuti arus perkembangan teknologi melalui kehadiran aplikasi MySuzuki, sehingga pelanggan semakin terbantu mengakses spare parts dan kemudahan layanan booking service

“Pada era digital ini, perilaku masyarakat mulai berubah ke arah pemanfaatan teknologi yang menjangkau hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat. Menyadari perubahan ini, Suzuki beradaptasi dengan menghadirkan MySuzuki yang saat ini telah menjadi pilihan utama pelanggan dalam mengakses berbagai layanan kami," ungkapnya.

Tidak hanya menawarkan kenyamanan dan kemudahan, teknologi digital juga memproses permohonan pembelian spare parts atau service secara cepat kepada jaringan dealer Suzuki terdekat yang akan siap melayani kebutuhan pelanggan.

Peningkatan performa dan pelayanan MySuzuki bergerak sejalan dengan peningkatan pembelian spare parts dan booking service lewat aplikasi pintar ini. Jika dibandingkan dengan Oktober 2023, penjualan spare parts melalui MySuzuki di bulan November 2023 mengalami peningkatan sebesar 18% untuk sepeda motor dan 68% untuk mobil.

Sama halnya jika dibandingkan dengan November 2022, penjualan melalui MySuzuki bulan November 2023 mencatat peningkatan sebesar 30% untuk sepeda motor dan 28% untuk parts mobil.

Dari catatan peningkatan penjualan tersebut, diketahui bahwa penjualan spare parts melalui MySuzuki dikuasai oleh wilayah luar Jabodetabek.

Untuk sepeda motor, pemesanan spare parts tertinggi dikuasai oleh wilayah Jawa Barat dan disusul oleh Jawa Timur, DKI Jakarta, hingga Banten.

Sedangkan untuk mobil, pemesanan spare parts didominasi oleh wilayah Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, dan disusul oleh Jawa Timur hingga Kalimantan Selatan.

Distribusi yang merata hingga ke luar Jabodetabek dan luar pulau Jawa dapat direalisasikan berkat dukungan jaringan dealer resmi Suzuki yang tersebar di seluruh Indonesia.

Terhitung hingga kini, jaringan distribusi dan pelayanan spare parts di MySuzuki didukung oleh 47 diler mobil, 17 diler motor, dan 4 diler Outboard-Motor (OBM).

Data akumulasi yang dikumpulkan melalui data pemesanan MySuzuki sejak pertama kali diluncurkan menunjukkan, pemesanan spare parts terbanyak masih didominasi oleh sepeda motor sebesar 59,79%, sedangkan untuk mobil sebesar 40,12% dengan catatan layanan penjualan spare parts sepeda motor darin 2018 dan mobil pada tahun 2020.

“Melalui pencapaian ini, kami sangat berterima kasih kepada seluruh pelanggan setia yang telah mempercayakan pembelian spare parts, aksesoris hingga booking service secara online melalui aplikasi MySuzuki. Tentunya angka ini menjadi motivasi dan semangat kami untuk terus meningkatkan pelayanan terbaik melalui MySuzuki,” tutup Christiana.(erwin)

TERKINI
Lexus LX 600: Pertunjukan antara Kemewahan dengan Performa Superior di Dunia SUV Harley Davidson Model Heritage Classic 114, Melangkah ke Masa Lalu dengan Gaya Masa Kini WRC 2024 Rally Portugal: Ogier Melayang dan Menang, Tapi Toyota Dikalahkan Hyundai di Klasemen Konstruktor MotoGP 2024 Prancis: Rivalitas Marquez Versus Martin Lanjut ke Barcelona, Penentuan Siapa ke Tim Pabrikan Ducati