Peran Wanita Hebat di Bengkel AHASS, Memulai Karier dari Bawah hingga Punya Jabatan Prestisius

Sabtu, 23/12/2023 09:18 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Dalam peringatan Hari Ibu di Indonesia pada tanggal 22 Desember, kita merayakan peran dan kontribusi wanita di berbagai sektor, termasuk sektor otomotif yang dikenal didominasi oleh pria.

Di tengah maraknya kaum Adam, terdapat sejumlah wanita hebat yang berkiprah di jaringan bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Dua sosok wanita inspiratif yang patut dicontoh dari bengkel AHASS adalah Siti Fatimah dan Gea April Yuliyana.

Mereka bukan hanya melewati perjalanan karier yang luar biasa tetapi juga menunjukkan ketangguhan dan dedikasi dalam dunia otomotif.

Siti Fatimah, yang menjabat sebagai Kepala Bengkel AHASS Lumintu Motor 17633 dan Person in Charge (PIC) AHASS Mantab Sejahtera Cibubur 01694, memulai karier sebagai mekanik di bengkel AHASS sejak tahun 2003.

Dalam perjalanannya, wanita kelahiran Bogor pada 6 Juli 1985 ini menghadapi berbagai lika-liku.

"Sebelum bekerja di AHASS, saya menjadi mekanik di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Lingkungan kerja yang mayoritas diisi oleh pria adalah tantangan besar bagi saya sebagai seorang wanita. Namun, saya melihatnya sebagai peluang untuk tumbuh dan berkembang," ungkap Mpo Siti, sapaan akrabnya.

Meski mengakui tekanan dan tantangan yang dihadapi, Siti Fatimah membuktikan bahwa tekad kuat dan etos kerja yang baik dapat membuka jalan.

"Satu kebanggaan saya sebagai seorang wanita, saya bisa menjadi role model dan bermanfaat bagi keluarga serta orang sekitar. Semoga bisa memotivasi wanita lain bahwa ibu rumah tangga dengan dua anak juga bisa berkreasi dan berinovasi. Tentu, itu butuh proses panjang," tambahnya.

Gea April Yuliyana, Service Advisor (SA) di AHASS Kosambi Jaya Motor selama lima tahun, juga merasakan tantangan yang mendalam.

"Bagi saya, pekerjaan ini sangat menantang dan memungkinkan saya untuk terus belajar. Terutama untuk memahami bagian-bagian dalam mesin sepeda motor Honda. Saya juga merasakan tantangan dalam menjelaskan keluhan-keluhan konsumen tentang sepeda motor Honda mereka," ungkap Gea yang lahir pada 2 April 2000 di Jakarta. 

Dukungan untuk Pengembangan Kompetensi Wanita

Sejalan dengan tema Perempuan Berdaya, Indonesia Maju yang diusung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI dalam peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023, PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, bersama PT Astra Honda Motor (AHM), berkomitmen untuk mendukung pengembangan kompetensi wanita, terutama di jaringan bengkel AHASS.

"Kami memberikan kesempatan yang sama bagi wanita untuk mengikuti berbagai pelatihan atau program-program pemberdayaan lainnya," tandas Head of Technical Service Department PT WMS, Benedictus F Maharanto. Melalui upaya ini, diharapkan lebih banyak wanita dapat turut andil dalam memajukan Indonesia dan mengukir prestasi di industri otomotif. (krm)

TERKINI
Spesifikasi Harley Davidson Heritage Classic 144 Terbaru 2024 Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Berebut Titel Juara Dunia MotoGP 2024 Pernyataan Resmi Chery Indonesia, 420 Unit OMODA 5 Alami Masalah! Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang