Jokowi Resmikan Transportasi Ramah Lingkungan di Ibu Kota Nusantara, Segini Investasi dari Bluebird

Sabtu, 23/12/2023 05:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan sistem transportasi ramah lingkungan di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, pada Kamis, 21 Desember 2023.

Inisiatif ini disokong oleh investasi senilai Rp 250 miliar dari Bluebird, perusahaan transportasi terkemuka di Indonesia.

Dalam keterangannya, Jokowi mengungkapkan bahwa Bluebird telah berkomitmen untuk mengalokasikan dana tersebut guna mendukung konsep transportasi ramah lingkungan di IKN, khususnya untuk pengadaan bus rapid transit bertenaga listrik.

Dana juga akan digunakan untuk mendukung layanan mobil rental berbasis listrik dan bus umum yang menghubungkan trayek Balikpapan-IKN.

"Peluncuran transportasi ramah lingkungan ini diharapkan akan mempercepat pengembangan sistem transportasi publik berbasis listrik di Ibu Kota Nusantara," ujar Jokowi dalam pidato peluncuran tersebut.

Blue Bird Group, selain menyediakan armada ramah lingkungan, juga akan menyiapkan infrastruktur pendukung yang dikelola secara terintegrasi menggunakan teknologi pintar.

Ini termasuk fasilitas seperti halte, park and ride, transfer point, dan depo.

"Memang konsepnya sejak awal Ibu Kota Nusantara adalah kawasan hijau, lingkungan hijau, gedungnya hijau, transportasinya hijau, listriknya hijau, energi hijau semuanya, harus hijau," kata Jokowi.

Presiden juga mengapresiasi komitmen Bluebird dalam mendukung inisiatif transportasi ramah lingkungan di IKN sebagai langkah positif dalam menciptakan masa depan mobilitas masyarakat yang berkelanjutan dan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

"Saya senang dan saya menyambut gembira peluncuran transportasi ramah lingkungan di IKN oleh Blue Bird," tandas Jokowi.

TERKINI
Mengenal Sea Lion 07 yang Resmi Diluncurkan, SUV Revolusioner dari BYD dengan Teknologi Canggih Trump Berjanji Membatalkan Aturan Promosi Kendaraan Listrik Biden Mazda CX-5: Eksklusivitas dan Keunggulan dalam Sebuah SUV, Bikin Brand Korea Minder Hyundai Motor Indonesia Gelar Program Roda Keberuntungan, 12 Unit Mobil Listrik IONIQ6 Hadiahnya