PT Suzuki Indomobil Sales Ungkap Strategi Sukses MySuzuki Tingkatkan Penjualan Suku Cadang

Selasa, 26/12/2023 12:03 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Suzuki Indomobil Sales (SIS) melaporkan penjualan suku cadang melalui aplikasi MySuzuki pada 2023.

Dalam platform itu, terjadi peningkatan hingga 79 persen dibandingkan dengan penjualan periode yang sama pada 2022.

"Pertumbuhan positif ini mencapai angka peningkatan 46 persen untuk penjualan suku cadang sepeda motor dan mobil jika dibandingkan dengan Oktober 2023, dan peningkatan sebanyak 79 persen tahun ke tahun," ujar Spare Parts Departement Head PT. SIS Christiana Yuwantie dalam ketarangan resminya, Selasa, 26 Desember 2023.

Data tersebut merupakan akumulasi yang dikumpulkan melalui data pemesanan MySuzuki sejak pertama kali diluncurkan pada 2018.

Catatan itu menunjukkan bahwa pemesanan suku cadang terbanyak masih didominasi oleh sepeda motor dengan kontribusi sebesar 59,79 persen.

Sedangkan untuk pemesanan untuk suku cadang mobil hanya sebesar 40,12 persen, yang baru mulai dilayani sejak 2020.

Penjualan suku cadang melalui MySuzuki ini paling banyak terjadi di wilayah luar Jabodetabek.

Khusus untuk motor, pemesanan tertinggi terjadi di wilayah Jawa Barat dan disusul Jawa Timur, DKI Jakarta, hingga Banten.

Sampai kini, jaringan distribusi dan pelayanan MySuzuki didukung oleh 47 diler mobil, 17 diler motor, dan 4 diler Outboard-Motor (OBM).

MySuzuki diklaim sebagai solusi digital pembelian suku cadang asli Suzuki yang telah menjangkau pelanggan seluruh Indonesia.

Aplikasi tersebut mencakup layanan pembelian suku cadang, aksesori, genuine oil & chemical, hingga layanan booking service secara daring.

Christiana mengatakan pencapaian penjualan tersebut diyakini berkat kelengkapan layanan, kemudahan transaksi, dan kepastian kedatangan pesanan pelanggan yang dapat dilacak dalam satu aplikasi pintar.

"Pada era digital ini, kami melihat bahwa perilaku masyarakat mulai berubah ke arah pemanfaatan teknologi. Menyadari perubahan itu, Suzuki beradaptasi dengan menghadirkan aplikasi MySuzuki," tutup dia. (krm).

TERKINI
NETA Auto Indonesia Kasih Testimoni First Impression NETA V-II di Acara NETA Customer Gathering 2024 Motor Ikonik Honda Super Cub C125 Tampil Dengan `Baju` Baru Lexus LX 600: Pertunjukan antara Kemewahan dengan Performa Superior di Kelas SUV Harley Davidson Model Heritage Classic 114, Melangkah ke Masa Lalu dengan Gaya Masa Kini