Wahana Makmur Sejati Seminar Safety Riding: Lawan Stigma Negatif tentang Wanita Pengendara Motor

Kamis, 28/12/2023 01:12 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, telah sukses menyelenggarakan seminar mengenai safety riding di Kantor Idemitsu, Jakarta, pada Minggu (17/12/2023).

Seminar ini bertujuan untuk mendorong peran wanita dalam menerapkan safety riding saat berkendara sepeda motor di jalan, dengan tema "Hidup Penuh Arti Bersama #Cari_Aman".

Acara ini dihadiri oleh 80 peserta, terdiri dari lady bikers dan istri komunitas Honda Spacy, serta melibatkan Kapolsek Cilandak Kompol Wahid Key sebagai pembicara undangan.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion PT WMS, menyoroti tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara sepeda motor di Indonesia.

Ia juga mencatat tren pengguna sepeda motor wanita di tanah air yang sedang meningkat.

Meskipun demikian, stigma negatif terhadap pengendara sepeda motor wanita masih ada di Indonesia, seperti contoh idiom yang menyatakan, "sein kanan belok kiri."

Agus menyampaikan bahwa PT WMS dan pihak terkait terus berupaya mengatasi stigma tersebut dengan menyelenggarakan kegiatan seperti seminar ini.

"Kegiatan-kegiatan edukasi seperti ini harus dilakukan secara berulang kali agar perilaku safety riding dapat tertanam kuat di alam bawah sadar pengendara sepeda motor," tegas Agus.

Lebih lanjut, Agus menekankan peran masyarakat dalam menerapkan sikap berkendara #Cari_Aman, yang seharusnya dapat diadopsi oleh berbagai pengendara sepeda motor, termasuk wanita.

"Mereka diharapkan dapat menginspirasi pengendara lain atau khalayak luas," harapnya.

Seminar ini merupakan bagian dari upaya edukasi keselamatan berkendara kepada sekitar 1.100 perempuan dari Sabang sampai Merauke.

Edukasi ini diinisiasi oleh PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai bentuk peringatan Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember.

Acara seminar berlangsung dengan format interaktif, menyajikan materi edukasi tentang safety riding, termasuk pemilihan riding gear yang sesuai, pola kecelakaan, dan perilaku berkendara yang tidak aman yang berpotensi dilakukan oleh pengendara. (krm)

TERKINI
Kehadiran BYD Seagull dengan Harga Terjangkau Usik Ketenteraman Industri Otomotif AS AHM dan Wahana Makmur Sejati Konsisten Siapkan Pelajar Hadapi Dunia Kerja Jepang dan ASEAN Siapkan Strategi Bersama Hadapi Dominasi Tiongkok di Pasar Kendaraan Listrik, Ini Langkah yang Dilakukan Biar Tidak Kena Razia Polisi, Simak Helm Berstandar SNI yang Aman Dipakai Berkendara