Ciptakan Inovasi Baru, Daimler Truck Membangun Kendaraan Dengan Teknologi Sel Bahan Bakar

Rabu, 27/12/2023 19:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Daimler Truck memasuki tahap perkembangan berikutnya dalam visinya mengurangi karbonisasi transportasi melalui pemanfaatan truk bertenaga hidrogen.

Setelah tahap pengujian yang ketat di jalur uji coba dan di jalan umum, pengembangan truk dengan sel bahan bakar ini telah mencapai tahap berikutnya untuk pertama kalinya digunakan secara langsung oleh pelanggan.

Oleh karena itu, Daimler Truck sekarang melanjutkan inovasinya dengan membangun armada uji coba pertama untuk pelanggan Mercedes-Benz GenH2 Trucks, yang akan menghadirkan produk-produk kendaraan komersial yang efisien.

Diharapkan mulai pertengahan tahun 2024, perusahaan Amazon, Air Products, INEOS, Holcim, dan Wiedmann & Winz akan mengambil bagian dalam uji coba pelanggan untuk pertama kalinya, sehingga perusahaan-perusahaan ini berkesempatan mengalami pengalaman awal dalam transportasi jarak jauh bebas CO2 dengan truk sel bahan bakar.

kedar tahu saja, kelima traktor semi-trailer ini akan langsung digunakan pada penerapan jarak jauh melalui rute-rute tertentu di Jerman, seperti pengangkutan bahan bangunan, kontainer laut atau gas silinder.

Selama uji coba pertama ini, Truk GenH2 tetap berada di bawah pengawasan dan tanggung jawab langsung Mercedes-Benz Trucks. Kendaraan akan diisi bahan bakar di stasiun pengisian hidrogen cair umum (sLH2) yang ditunjuk di Wörth am Rhein dan di daerah Duisburg.

Daimler Truck dan perusahaan mitranya dengan ini mengawali terciptanya proyek transportasi tanpa karbon dengan truk bertenaga hidrogen, untuk membuktikan bahwa pembuktian visi mengurangi karbonisasi transportasi sudah dimungkinkan saat ini.

Pembangunan infrastruktur pengisian bahan bakar internasional dan pasokan hidrogen cair ramah lingkungan yang memadai dibutuhkan supaya transformasi ini berhasil dicapai di tahun-tahun kedepannya.

Member of the Board of Management Daimler Truck AG, Andreas Gorbach yang bertanggung jawab atas Teknologi Truk menyatakan, dengan armada pertama ditujukan khusus pada pelanggan ini, truk dengan sel bahan bakar kami melalui proses pengujian yang sesungguhnya oleh pelanggan secara langsung di lapangan.

"Pengujian ini otomatis akan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak: pelanggan kami dapat mengenal teknologi sel bahan bakar dalam operasi kehidupan nyata sehari-hari dan tim teknik kami dapat lebih memahami kebutuhan pelanggan dan kasus penggunaan yang relevan secara langsung,” kata Andreas Gorbach.

Untuk mengetahui kualitas produk baru Daimler, Amazon, Air Products, Holcim, INEOS, dan Wiedmann & Winz sebagai yang pertama mendapatkan pengalaman nyata dalam uji coba pelanggan.

Wiedmann & Winz yang berbasis di Geislingen an der Steige (Baden-Württemberg) akan menjadi salah satu perusahaan pertama yang menguji coba Truk Mercedes-Benz GenH2.

Sebagai penyedia layanan logistik internasional DP World, kendaraan bertenaga hidrogen ini akan mengangkut kontainer laut dari dan ke pelanggan industri dan komersial.

Managing Director Dr. Micha Lege melihat potensi penggunaan yang tinggi untuk truk inovatif ini, terutama pada rute logistik pan-Eropa.

"Perusahaan kami selalu menjadi yang terdepan dalam hal inovasi. Melalui FleetBoard, misalnya, Wiedmann & Winz merupakan salah satu perusahaan pertama yang mengandalkan telematika dan digitalisasi dalam industri logistik,: tuturnya.

Saat ini mereka mulai menggunakan eActros 300 sebagai traktor dalam operasi pengangkutan sehari-hari.

"Sekarang kami menantikan untuk mengambil langkah berikutnya dengan Truk GenH2, sehingga kami bisa menguji truk jarak jauh dengan penggerak sel bahan bakar hidrogen," ujarnya.

John H. Landwehr, dari perusahaan logistik Gerdes + Landwehr yang merupakan bagian dari Holcim Group, bermaksud untuk mengangkut pasir dan batuan mineral untuk industri bahan bangunan dengan Truk Mercedes-Benz GenH2 ini.

Ia menyatakan bahwa, uatan selalu memainkan peran penting dalam logistik skala besar kami, terutama dalam hal jejak karbon dan efisiensi.

Setelah pengujian ekstensif dengan truk bertenaga baterai, kami sangat senang dapat terus mengeksplorasi jalur menuju transportasi berkelanjutan dengan truk bertenaga hidrogen.

"Hanya dengan berbekal pengalaman-pengalaman spesial seperti ini, kami dapat membuat keputusan yang tepat untuk perubahan yang dimulai pada tahun 2025 di grup bisnis kami," ungkapnya.

Daimler Truck lebih memilih hidrogen cair dalam pengembangan teknologi penggerak berbasis hidrogen.

Secara umum, teknologi penyuplai energi tidak hanya sekarang berisikan energi dengan kepadatan yang jauh lebih tinggi, tetapi biaya transportasi juga dapat berkurang secara signifikan.

Hasilnya, lebih banyak hidrogen dapat diangkut, sehingga secara signifikan meningkatkan jangkauan dan memungkinkan kinerja kendaraan yang sebanding dengan truk diesel konvensional.

Tangki hidrogen cair juga lebih menguntungkan dalam hal biaya dan berat.

Oleh karena itu, penggunaan hidrogen cair justru memungkinkan capaian muatan yang lebih tinggi sehingga menguntungkan perusahaan.(erwin)

TERKINI
Ancol Jakarta Supersport Championship 2024 Round 2 Berlangsung Sukses, Anondo Eko : Persiapan Lebih Maksimal Pelumas Lupromax Diakui Maksimalkan Performa Mesin di Lintasan Balap Drag Race Harley-Davidson Unveils 2024 Street Glide dan Road Glide: Moge dengan Teknologi Terkini dan Desain Revolusioner American Dreamin` The Dawn of A New Era: Harley-Davidson MY24 Mengukir Sejarah Baru di Jalanan Indonesia