Tips Menjaga Performa Mobil Pasca Liburan Nataru, Langkah Penting untuk Kenyamanan Mobilitas Selanjutnya

Selasa, 02/01/2024 07:15 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Setelah digunakan untuk berlibur selama periode liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), penting untuk memberikan perawatan ekstra pada mobil untuk memastikan kondisinya tetap optimal.

Beberapa aspek perlu diperiksa setelah mobil menjalani perjalanan jarak jauh. Berikut adalah tips perawatan mobil pasca liburan Nataru, seperti yang dilansir dari situs resmi Hyundai Indonesia pada tanggal 1 Januari 2024.

 

  1. Menjaga Kebersihan Interior

Selama perjalanan jauh, seringkali kita makan dan minum di dalam mobil, yang dapat meninggalkan kotoran atau bau di dalam kabin kendaraan.

Oleh karena itu, disarankan bagi konsumen untuk membersihkan interior secara menyeluruh, termasuk melakukan vakum kendaraan, guna menjaga kebersihan dan kenyamanan di dalam kabin.

 

  1. Cek Kondisi Oli

Perjalanan jarak jauh selama liburan dapat membuat mobil menempuh ribuan kilometer. Penting bagi konsumen untuk memeriksa kondisi oli setelah perjalanan dan menggantinya jika diperlukan.

Dengan cara ini, performa kendaraan tetap terjaga untuk memenuhi kebutuhan mobilitas selanjutnya.

 

  1. Cek Kondisi Rem dan Ban

Selama perjalanan jauh, rem mobil menjadi komponen yang kerap digunakan. Ini dapat menyebabkan aus berlebih pada rem dan ban akibat beban kerja yang lebih berat.

Konsumen disarankan untuk memeriksa kampas rem, rotor, dan minyak rem, serta melakukan penggantian jika diperlukan.

Selain itu, periksa tekanan ban sesuai panduan pada pintu pengemudi dan pastikan ban masih jauh dari Tread Wear Indicator (TWI) untuk beberapa jenis ban.

 

  1. Cek Keselarasan Kaki-kaki

Perjalanan jauh sering melibatkan kondisi jalan yang kurang baik dan beban berlebih pada kendaraan. Komponen kaki-kaki, seperti shockbreaker, dapat bekerja ekstra dan mengalami keausan.

Oleh karena itu, konsumen disarankan untuk memastikan tidak ada kebocoran pada shockbreaker. Pastikan juga bahwa komponen kaki-kaki lainnya tidak menghasilkan suara berlebih.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara, melakukan spooring dan alignment disarankan agar roda dan kaki-kaki tetap dalam kondisi yang optimal.

Demikin tips merawat mobil untuk menjaga performanya setelah digunakan liburan nataru. (krm)

TERKINI
Apresiasi Prestasi Timnas, Hyundai Serahkan Genesis Electrified G80 ke Shin Tae-yong Saling Kejar Poin di Kejurnas Grasstrack Region 4 Putaran 2 Kalimantan Selatan, Ini Dia Jawaranya Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang, Tingkatkan Pendidikan Vokasi Panduan Lengkap Jual Mobil Bekas dengan Sukses