Optimalkan Visibilitas Kemudi, Peugeot Tawarkan Fitur Defrost Control Terbaru

Minggu, 07/01/2024 01:03 WIB

mobilinanews (Jakarta) - SUV Peugeot model 5008, 3008, dan 2008 hadir dengan beragam fitur yang meningkatkan keamanan berkendara, terutama saat musim hujan.

Beberapa fitur unggulan di antaranya adalah wiper otomatis, lampu depan otomatis, advanced grip control, dan defrost control.

Samsudin, Aftersales Support PT Astra International Peugeot, menjelaskan bahwa semua fitur ini sangat mudah dioperasikan.

"Untuk Sensor Automatic Wiping dan Automatic Headlamp, pengemudi cukup mengatur posisi saklar di tuas yang ada di balik setir. Pastikan diputar ke posisi otomatis saat mesin mobil sudah dinyalakan. Begitupun ESP dan AGC yang saklarnya ada di cockpit," ungkapnya dalam keterangan resmi dikutip Sabtu 6 Januari 2024.

Sensor Automatic Wiping (SAW)

Sensor Automatic Wiping (SAW) menjadi andalan pada generasi terbaru Peugeot. Fitur ini mengaktifkan wiper secara otomatis ketika mobil terkena rintik air hujan.

Wiper akan menyeka air secara otomatis jika saklar wiper di tuas sebelah kiri kemudi sudah diatur ke posisi Auto.

Kecepatan wiper disesuaikan dengan intensitas curah hujan, membebaskan pengemudi dari pengaturan manual.

Automatic Headlamp (AH)

Fitur Automatic Headlamp (AH) juga memberikan kenyamanan saat hujan. Dengan mengaktifkan saklar otomatis AH di tuas sebelah kanan, lampu menyala secara otomatis saat intensitas cahaya menurun atau kondisi redup.

Ini memastikan visibilitas pengemudi tetap optimal dalam kondisi pencahayaan yang berkurang.

Advanced Grip Control

Advanced Grip Control memberikan opsi pengaturan mobil saat melewati berbagai medan jalan. Sementara fitur ESP membantu menjaga stabilitas kendaraan dari understeer atau oversteer.

Meskipun mengusung tipe two-wheel drive, fitur ini diklaim memberikan performa mirip dengan four-wheel drive.

Defrost Control

Fitur pengaman saat hujan lainnya adalah Heated Windscreen dan Rear Screen Demist / Defrost Control. Fitur ini berfungsi menghilangkan embun di kaca mobil, baik depan maupun belakang.

Hampir semua mobil produksi saat ini sudah mengadopsi fitur ini sebagai standar wajib, mengingat perannya yang penting dalam mendukung visibilitas pengemudi, terutama saat perjalanan mudik dalam cuaca hujan.

Defrost Control terbagi dua, yakni bagian depan dan belakang. Bagian depan menggunakan ventilasi udara dari AC yang disalurkan melalui kisi-kisi dashboard atas yang menghadap ke kaca depan.

Udara hangat yang dikeluarkan dari ventilasi tersebut mampu menghilangkan embun di kaca depan.

Sedangkan di bagian belakang, biasanya terdapat garis-garis berwarna oranye pada kaca mobil. Garis ini terbuat dari struktur tembaga yang disematkan dalam kaca belakang.

Ketika diaktifkan, garis tersebut akan memanas, sehingga permukaan kaca menjadi hangat dan embun langsung menguap. (krm)

TERKINI
Bamsoet Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Sirkuit Off Road Ujung Kulon Raceway Banten, Untuk Motor dan Mobil WRC 2024 Rally Portugal: 3 Toyota Teratas, Malam Ini Kalle Rovanpera dan Sebastien Ogier Fight Berebut 18 Poin Menilik Kecanggihan BYD Sea Lion 07, SUV Revolusioner dari BYD dengan Teknologi Fast Charging Mengagumkan Trump Berjanji Membatalkan Aturan Promosi Kendaraan Listrik Biden