Cegah Polusi dengan Hidrogen, Hyundai dan Kia Kembangkan Sel Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Rabu, 10/01/2024 00:48 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Sebagai pemain utama dalam pasar mobil, Hyundai dan Kia menegaskan keyakinan mereka pada potensi pengembangan teknologi hidrogen dalam elektrifikasi transportasi.

Kedua perusahaan asal Korea Selatan ini baru-baru ini menjalin kemitraan dengan WL Gore & Associates, menandatangani perjanjian di Pusat Penelitian dan Pengembangan Ramah Lingkungan Mabuk, Korea Selatan.

Kemitraan ini bertujuan untuk mengembangkan membran elektrolit polimer (PEM) canggih untuk sel bahan bakar, dengan fokus pada peningkatan kinerja dan daya tahan kendaraan komersial.

Sebagaimana dijelaskan oleh Carscoops, sel bahan bakar hidrogen saat ini menggunakan PEM untuk menghantarkan proton antara dua elektroda, menghasilkan arus listrik yang diperlukan untuk menggerakkan kendaraan.

Hyundai dan Kia telah menjalin kemitraan dengan ahli PEM Gore, yang berbasis di Delaware, selama lebih dari 15 tahun.

Kolaborasi ini tidak hanya difokuskan pada kendaraan komersial, melainkan juga mencakup integrasi teknologi PEM ke dalam sistem sel bahan bakar generasi mendatang, termasuk untuk mobil penumpang dan sektor di luar otomotif.

Chang Hwan Kim, Kepala Pengembangan Baterai dan Pengembangan Hidrogen serta Sel Bahan Bakar Hyundai dan Kia, mengatakan siap jadi pemimpin dalam teknologi bahan bakar yang lebih baik.

"Kami memasuki babak berikutnya dalam kemitraan kami dengan Gore. Dengan memanfaatkan kolaborasi selama 15 tahun, kami akan memperoleh teknologi sel bahan bakar yang canggih dan memimpin pasar kendaraan listrik sel bahan bakar, sehingga mempercepat pergerakan menuju masa depan yang berkelanjutan," ucap Chang Hwan Kim.

Salah satu contoh sukses dari Hyundai dalam mobil hidrogen adalah Nexo.

Meskipun dijual dalam jumlah terbatas saat ini, perusahaan sedang aktif dalam pengembangan generasi berikutnya dari model ini, menunjukkan komitmen mereka pada pengembangan teknologi kendaraan listrik berkelanjutan. (krm)

TERKINI
Mengenal Sea Lion 07 yang Resmi Diluncurkan, SUV Revolusioner dari BYD dengan Teknologi Canggih Trump Berjanji Membatalkan Aturan Promosi Kendaraan Listrik Biden Mazda CX-5: Eksklusivitas dan Keunggulan dalam Sebuah SUV, Bikin Brand Korea Minder Hyundai Motor Indonesia Gelar Program Roda Keberuntungan, 12 Unit Mobil Listrik IONIQ6 Hadiahnya