Aprilia RS 457, Motor Sport Macho Diproduksi di India

Selasa, 09/01/2024 11:15 WIB

mobilinanews (India) - Aprilia mulai memproduksi motor sport kelas menengah Aprilia RS 457 di fasilitas produksinya di Baramati India. Motor ini baru-baru diluncurkan di ajang EICMA tahun lalu.

Aprilia RS 457 ini merupakan motor yang sekelas dengan motor sport dari brand lainnya seperti seri 390 KTM, Ninja 400 dari Kawasaki, dan yang terbaru, seri 450 yang kuat dari CFMoto.

Aprilia RS 457 menjadi produk pertama bagi pabrikan Noale karena beberapa alasan. Sebagai permulaan, motor ini adalah model pasar global pertama dari Aprilia di segmen perpindahan entry-level.

Selain itu, RS 457 juga merupakan model paling premium yang diproduksi di pabrik Piaggio di Baramati, India. Hal ini untuk menguatkan persaingan di pasar Asia di segmen motor sport.

Sebelumnya, Aprilia baru-baru ini mengumumkan bahwa produksi all-new sportbike telah dimulai di pabrik Piaggio di Baramati. Pabrik itu dibangun dengan standar kelas dunia, dan fasilitas produksi ini mempekerjakan sebagian besar perempuan, dan dilengkapi jalur perakitan canggih untuk memastikan kualitas maksimal.

Aprilia RS 457 resmi diluncurkan di India pada 8 Desember 2023, saat India Bike Week, dan pre-order untuk sportbike baru tersebut kini telah dibuka. Batch pertama RS 457 akan mulai dikirimkan kepada pelanggan yang berminat pada bulan Maret 2024.

Sebagai referensi, Aprilia RS 457 akan dibanderol dengan harga $4.936 USD atau setara Rp76,6 juta di India. Di Amerika Serikat, pembeli harus membayar $6.799 USD atau setara Rp105.5 juta untuk model standar.

Secara spesifikasi RS 457 didukung oleh mesin kembar paralel 457cc, berpendingin cairan, injeksi bahan bakar, dan konfigurasi engkol 270 derajat. Hal ini memberi motor ini nuansa dan suara knalpot V-twin 90 derajat. Ia memiliki power 47 tenaga kuda dan torsi 43,5 Nm.

Motor anyar Aprilia ini juga dibekali shockbreaker depan inverted dan monoshock belakang dengan penyesuaian preload dasar. Ia juga mendapat satu cakram depan dan satu cakram belakang, keduanya dilengkapi dengan ABS saluran ganda.

Aprilia RS 475 juga mendapat paket teknologi layar TFT penuh warna yang memungkinkan pengendara memilih dari tiga mode berkendara dan mengaktifkan sistem kontrol traksi.(erwin)

TERKINI
HUT ke-1 VIORI Chapter Tangerang, Wahana Makmur Sejati Dorong Komunitas Motor Honda Jadi Pelopor Cari Aman Berkendara Persaingan MotoGP 2024 Makin Ketat, Juara 1 dan 2 Hanya Selisih Dibawah 1 Detik, Ini Buktinya! Round 2 Mandalika Racing Series 2024 Makin Seru, Disponsori Pertamina dan Ada Kelas Baru Kabel Kelistrikan Motor Ternyata Punya Batas Usia, Simak Cara Mengetahui Kabel Masih Layak Atau Tidak!