Toyota Indonesia Berhasil Kirim 285 Ribu Unit Mobil ke 100 Negara Tujuan Ekspor pada Tahun 2023

Jum'at, 12/01/2024 07:17 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Toyota Indonesia merayakan pencapaiannya pada tahun 2023 dengan mengirimkan sebanyak 285 ribu unit mobil.

Keberhasilan ini menjadi lebih luar biasa karena mobil-mobil tersebut berhasil diterima di 100 negara tujuan mobilinanews.com/tags/ekspor/" style="text-decoration:none;color:red;">ekspor yang tersebar di wilayah Asia, Amerika Selatan, Afrika, Timur Tengah, Australia, dan Oceania.

Veloz dan Fortuner, dua model kendaraan dari pabrikan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), mencatat kontribusi signifikan dalam performa mobilinanews.com/tags/ekspor/" style="text-decoration:none;color:red;">ekspor dengan total lebih dari 106 ribu unit kendaraan selama setahun terakhir.

Nandi Julyanto, Presiden Direktur PT TMMIN, menyampaikan bahwa sektor mobilinanews.com/tags/ekspor/" style="text-decoration:none;color:red;">ekspor kendaraan di tahun 2023 dihadapkan pada tantangan pemulihan pasca-pandemi, serta krisis geopolitik global yang masih berlanjut, terutama konflik antara Rusia dan Ukraina yang membawa dampak nyata terhadap terganggunya rantai pasok global.

"Selama tahun 2023, situasi dan kondisi ekonomi global dihadapkan pada krisis ekonomi untuk memerangi inflasi, hingga konflik geopolitik di sejumlah negara-negara dunia. Meskipun pencapaian mobilinanews.com/tags/ekspor/" style="text-decoration:none;color:red;">ekspor Complete Built-Up (CBU) model Toyota sedikit menurun sekitar 3% pada tahun ini dibandingkan dengan pencapaian di tahun 2022, namun kami sebagai bagian dari industri otomotif nasional terus berusaha dan bekerja keras untuk memberikan pencapaian mobilinanews.com/tags/ekspor/" style="text-decoration:none;color:red;">ekspor kendaraan T-brand sebanyak 11 varian. Hal ini mencakup kendaraan berteknologi Internal Combustion Engine (ICE) dan elektrifikasi, dengan tujuan mempertahankan posisi Indonesia sebagai basis produksi dan mobilinanews.com/tags/ekspor/" style="text-decoration:none;color:red;">ekspor global," ujar Nandi melalui keterangan tertulisnya.

Toyota Indonesia juga telah memulai produksi lokal kendaraan elektrifikasi, seperti Kijang Innova Zenix dan Yaris Cross varian hybrid.

Kijang Innova Zenix Hybrid berhasil mencatatkan angka mobilinanews.com/tags/ekspor/" style="text-decoration:none;color:red;">ekspor hampir 3.000 unit, sementara varian Yaris Cross Hybrid yang baru diluncurkan pada pertengahan tahun 2023 dimobilinanews.com/tags/ekspor/" style="text-decoration:none;color:red;">ekspor lebih dari 6.400 unit ke konsumen internasional.

Kedua varian ini mendapatkan respon positif di negara-negara Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah.

“Pada tahun ini, potensi mobilinanews.com/tags/ekspor/" style="text-decoration:none;color:red;">ekspor kendaraan elektrifikasi Toyota Indonesia mencapai total 9.400 unit. Angka ini menunjukkan bahwa sebagai produk mobilinanews.com/tags/ekspor/" style="text-decoration:none;color:red;">ekspor berteknologi tinggi dan berdaya saing global, produk otomotif buatan dalam negeri telah mendukung performa mobilinanews.com/tags/ekspor/" style="text-decoration:none;color:red;">ekspor otomotif nasional, karena diterima dengan baik oleh pasar internasional," tambah Wakil Presiden Direktur PT TMMIN, Bob Azam. (krm)

TERKINI
Panduan Lengkap Jual Mobil Bekas dengan Sukses Denza Z9 GT Versi PHEV Siap Diluncurkan di Pasar Eropa Bulan Ini Buruan, Simak Beragam Promo Menarik Motor Honda Bulan Ini BAIC BJ-40 PLUS dan BAIC X-55 Hadir Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia, Simak Spek dan Keunggulannya