Legenda MotoGP Valentino Rossi Bikin Perusahaan Baru, Pertamina Jadi Klien Pertamanya, Ini Selengkapnya

Sabtu, 20/01/2024 01:08 WIB

mobilinanews (Italia) - Valentino `The Doctor ` Rossi jelas dikenal luas sebagai pembalap top di lintasan balap MotoGP. Tapi, otak bisnis Il Dottore juga ternyata kencang pula.

Sebelum pensiun dari MotoGP dan beralih ke balap mobil, Rossi dan timnya sudah punya berbagai lahan bisnis. Pertama adalah VR46 Riders Academy di kampung halamannya Tavuila, Italia. 

Sekolah balap itu didirikan Rossi dengan biaya sendiri dan menggratiskan siswanya. Tujuannya adalah menuntun para pembalap muda Italia ke level balap dunia, dan kini berhasil dengan menghadirkan Francesco Bagnaia, Franco Morbidelli, Marco Bezzecchi dan Luca Marini di MotoGP sebagai kasta tertinggi balap motor dunia.

Murid lainnya bertebaran di kancah nasional, Moto3 dan Moto2.

Ya, gratis. Tapi, sesungguhnya biaya operasional akademi itu akhirnya surplus dengan kehadiran sejumlah kerjasama bisnis dengan sponsor.

Lahan usahanya yang kemudian tumbuh pesat menjadi sebuah industri besar  adalah VR46 Apparel.

Ini divisi yang memproduksi dan memasarkan merchandise Rossi maupun para pembalap binaannya dalam berbagai macam produk. Ini jadi pemasok uang utama dalam kerajaan bisnis Il Dottore.

Ada pula VR46 Racing Team yang tak hanya sekadar meramaikan balapan, tetapi juga sebagai lahan bisnis sebagaimana tim balap lainnya.

Terbaru adalah peluncuran divisi berbeda yang tak lepas dari dunia motorsport, yakni VR46 Agency. Dikutip dari GPone dan motorcyclesports, perusahaan agensi ini bergerak di bidang marketing, sponsorship dan mitra komersial lainnya.

Rossi mempercayakan proyek baru itu  kepada Gianluca Falcioni sebagai CEO. Falcioni sebelumnya adalah manajer di VR46 Riders Academy.

Menariknya, klien pertama perusahaan tersebut adalah Pertamina yang pastinya sangat dikenal fans MotoGP di Indonesia.

Perusahaan minyak raksasa itu melalui VR46 Agency akan menjadi title sponsor tim Rossi di MotoGP mulai musim 2024, menjadi Pertamina Enduro  VR46 Racing Team dengan duet pembalap Marco Bezzecchi dan Fabio Di  Giannantonio.

Peluncuran tim Pertamina Enduro VR46 Racing Team akan berlangsung pada 22 Januari 2024 di Italia. Sekaligus jadi penampakan pertama livery baru Ducati Desmosedici GP23 yang jadi andalan tim. (rn)

TERKINI
Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Berebut Titel Juara Dunia MotoGP 2024 Apresiasi Prestasi Timnas PSSI, Hyundai Berikan Hadiah Hyundai Genesis Electrified G80 Kepada Coach Shin Tae-yong Saling Kejar Poin di Kejurnas Grasstrack Region 4 Putaran 2 Kalimantan Selatan, Ini Dia Jawaranya Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang, Tingkatkan Pendidikan Vokasi