Pentingnya Perawatan Kick Starter: Solusi Darurat Saat Starter Elektrik Gagal

Minggu, 21/01/2024 01:18 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Starter kaki atau kick starter pada sepeda motor menjadi solusi yang sangat berguna ketika sistem starter elektrik mengalami masalah atau dalam kondisi darurat, terutama ketika aki sudah melemah.

Meskipun demikian, seringkali keberadaan kick starter dilupakan dan tidak mendapat perawatan yang memadai.

Akibatnya, kick starter juga dapat mengalami masalah. Bayangkan jika starter elektrik tidak berfungsi dan kick starter juga tidak dapat digunakan, maka mesin sepeda motor tidak akan dapat dinyalakan.

Kick starter yang sulit diputar biasanya disebabkan oleh karat. Menurut informasi dari Honda Cengkareng, kondisi ini terjadi karena jarang digunakan dan tidak pernah dilumasi dengan oli.

Akibatnya, per stopper yang menghubungkan gir dan gir primer dapat berkarat.

Untuk mengatasi masalah kick starter yang sulit diputar, perlu dilakukan pembongkaran blok CVT. Bersihkan bagian penghubung gir menggunakan kuas dan angin bertekanan tinggi (kompresor).

Agar lebih lancar dan tidak sulit diputar, aplikasikan gemuk atau grease pada per stopper dan alur gir agar tetap licin.

Setelah melakukan perbaikan, penting untuk merawat kick starter secara rutin. Disarankan untuk melakukan perawatan setidaknya setiap 6 bulan atau setiap 8.000 kilometer.

Proses perawatan melibatkan melepas cover CVT dan membuka gigi pengungkit dengan menarik dan menggerak-gerakkan kick starter ke bawah.

Kick starter pada sepeda motor merupakan sistem starter yang mengharuskan pengendara menggunakan tenaga kaki untuk menyalakan mesin.

Caranya adalah dengan menekan tuas kick starter yang biasanya terletak di samping sepeda motor. (krm)

TERKINI
BBM Baru Pengganti Pertalite Ternyata Mengandung Bioetanol, Begini Penjelasannya! WRC 2024 Rally Portugal: Kalle Rovanpera Out, 3 Joki Hyundai Mengepung Sebastien Ogier Suzuki Avenis 125, Motor Matic Terbaru dengan Desain Sporty dan Dinamis MotoGP 2024 Prancis: Martin Juara Sprint Race, Marquez Bintangnya Dari P13 ke P2