MotoGP 2024 : Ducati Luncurkan 3 Tim Pabrikan di 3 Seri Berbeda, Francesco Bagnaia Tetap Pakai Nomor 1

Selasa, 23/01/2024 00:08 WIB

mobilinanews (Italia) - Seperti tahun lalu, Ducati Corse memulai aktivitas balapnya dengan team launching dari kawasan pegunungan salju Madonna di Campligio, Italia.

Istimewa karena memperkenalkan 3 livery berbeda dengan 3 motor dan 3  kejuaraan berbeda.

Area itu kembali dipilih oleh CEO Ducati Holding Motor, Claudio Domenicalli, dengan harapan skuadnya kembali dominan seperti tahun lalu, dimana Ducati Desmosedici memenangkan 17 dari 20 balapan yang digelar.

"Lokasi ini mempertegas imej 'Made in Italy' yang kami banggakan. Salah satu elemen terkuat kami adalah kreativitas membuat sistem. Hari ini kami bikin terobosan baru dengan munculkan tiga tim berbeda," ucap Domenicalli.

Ketiga tim pabrikan itu adalah Lenovo Ducati Team yang turun di MotoGP, Aruba.it di kancah WSBK dan proyek baru motor trail yang dipersiapkan ke kejuaraan nasional Italia dan nantinya ke kejuaraan dunia motokros dengan nama Ducati MX Team.

Ketiganya dengan status tim pabrikan dan livery yang sama.

Line up MotoGP tetap Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini. Mereka dibekali motor seri terbaru, Desmosedici GP24.

Dan, Bagnaia sudah putuskan tetap pakai nomor 1 pada fairing motornya sebagai juara dunia bertahan, dan targetnya kembali meraih gelar untuk kali ketiga berturut setelah 2022 dan 2023.

"Ini tahun ke-4 saya bersama tim ini. Musim 2024 bakal sangat menantang, tapi kami sudah siap seperti biasanya. Saya tak sabar memulainya, untuk kembali meraih gelar juara dunia," ucap Bagnaia.

Bastianini tak kalah bergairah. Ia ingin menebus kegagalan musim lalu, saat debut bersama tim pabrikan Ducati dan lebih banyak di luar trek akibat cidera berkepanjangan.

"Tahun lalu saya hanya tampil beberapa seri balap. Tapi, dari situ banyak pelajaran penting yang saya bawa ke musim ini. Saya tahu persis potensi yang kami miliki dan saya harap bisa maksimal memperlihatkannya," katanya.

Selain Domenicalli dan GM Ducati Luigi Dall'Igna juga hadir petinggi baru, Mauro Grassilli, sebagai Direktur Sport Ducati menggantikan Paolo Ciabatti.

Ciabatti sendiri kini menjadi GM Ducati Corse Off Road Division yang membawahi proyek pengembangan motor trail perdana Ducati dan kejuaraan motokros.

Juara bertahan Alvaro Bautista dipasang sebagai pembalap utama Ducati di tim Aruba.it, juga dengan platform nomor 1 pada motor Ducati Panigale V4 R.

Ia didampingi juara Supersport 2023 Nicolo Bulega sebagai debutan di WSBK 2024.

Untuk tim motokros, Ducati mendapuk pasangan Tony Cairoli (pemegang 9 gelar juara dunia motokros) dan Alesandro Lupino.

Untuk tahun ini Ducati hanya ikut kejuaraan nasional Italia  sembari mengembangkan motor trailnya menghadapi kejuaraan dunia mendatang.

Bagnaia dan Bastianini akan membesut GP24 secara utuh untuk kali pertama pada tes pra musim di Sirkuit Sepang awal Februari nanti.

Saat tes Valencia tahun lalu motor itu belum sepenuhnya utuh dan dikalahkan Marc Marquez dengan besutan GP23.

Dan, di Malaysia nanti, performa Bagnaia versus Marquez layak dinanti meski berbeda tim dan spesifikasi motor.

Keduanya disebut-sebut sebagai kandidat petarung di jalur perebutan gelar 2024. (rn)

TERKINI
Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Bersaing Untuk Titel Juara Dunia MotoGP 2024 Apresiasi Prestasi Timnas, Hyundai Serahkan Genesis Electrified G80 ke Shin Tae-yong Saling Kejar Poin di Kejurnas Grasstrack Region 4 Putaran 2 Kalimantan Selatan, Ini Dia Jawaranya Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang, Tingkatkan Pendidikan Vokasi