Komitmen Suzuki Terhadap Lingkungan: Produksi Kendaraan Hybrid dan Mesin Ramah Lingkungan

Kamis, 25/01/2024 10:31 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara tegas menyatakan komitmennya untuk menjadi perusahaan yang lebih ramah lingkungan. Produsen kendaraan dengan lambang `S` ini berencana menghadirkan berbagai opsi kendaraan, baik mobil maupun motor, dengan teknologi rendah emisi.

Joshi Prasetya, Kepala Departemen Perencanaan Strategis PT SIS, menyampaikan bahwa kontribusi Suzuki Indonesia terhadap isu lingkungan, visi global Suzuki, dan target pemerintah Indonesia akan difokuskan pada produksi kendaraan hibrida.

“Dukungan terhadap target pemerintah yang tercantum dalam COP 21 tentang pengurangan emisi hingga 41 persen pada 2023 dan COP 26 tentang target nol emisi bersih pada 2060, sejak tahun 2022, Suzuki telah memproduksi kendaraan roda empat dengan teknologi SHVS atau Smart Hybrid Vehicle by Suzuki,” kata Joshi.

Ia juga mengungkapkan untuk terus konsisten memproduksi sepeda motor dengan teknologi Suzuki Eco Performance (SEP), serta mesin tempel kapal berjenis 4-stroke yang berfungsi untuk meminimalkan emisi yang dihasilkan, menciptakan lingkungan yang lebih bersih, khususnya di sektor otomotif.

Upaya-upaya ini melalui produksi kendaraan ramah lingkungan Suzuki diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dengan mengintegrasikan teknologi yang meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.

Langkah ini mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia, yang terbukti melalui angka penjualan ritel kendaraan hibrida Suzuki yang mendominasi 36 persen dari penjualan Suzuki pada segmen mobil penumpang.

Beberapa model hybrid Suzuki, seperti All New Ertiga Hybrid, New XL7 Hybrid, dan Grand Vitara yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 13.557 unit selama tahun 2023 dari total penjualan mobil penumpang mencapai 37.853 unit.

Seiring dengan tren preferensi kendaraan yang lebih ramah lingkungan, penjualan sepeda motor Suzuki juga mencatat pencapaian yang serupa sepanjang tahun 2023.

Tercatat adanya pergeseran minat konsumen Suzuki yang semakin memilih sepeda motor yang praktis, mudah digunakan, dan bermesin efisien. Kondisi ini terbukti dengan dominasinya penjualan model sepeda motor bertransmisi otomatis (matic) hingga mencapai 61 persen.

Semua sepeda motor matic yang diperkenalkan oleh Suzuki saat ini memiliki mesin kompak dan menerapkan teknologi Suzuki Eco Performance (SEP) yang dapat meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. (krm)

TERKINI
Harley Davidson Model Heritage Classic 114, Melangkah ke Masa Lalu dengan Gaya Masa Kini WRC 2024 Rally Portugal: Ogier Melayang dan Menang, Tapi Toyota Dikalahkan Hyundai di Klasemen Konstruktor MotoGP 2024 Prancis: Rivalitas Marquez Versus Martin Lanjut ke Barcelona, Penentuan Siapa ke Tim Pabrikan Ducati Ancol Jakarta Supersport Championship 2024 Round 2 Berlangsung Sukses, Anondo Eko : Persiapan Lebih Maksimal