WRC 2024 Monte Carlo: Thierry Neuville Bawa Hyundai ke Puncak, Sementara Pegang 18 Poin

Minggu, 28/01/2024 02:28 WIB

mobilinanews (Monaco) - Sudah 14 Special Stage (SS) Rally Monte Carlo berlangsung hingga  Minggu (28/1) dinihari WIB. Meski lomba belum selesai, Thierry Neuville (Belgia/Hyundai) sudah petik 18 poin kejuaraan. 

Sempat keteteran di awal lomba, Neuville sukses menyalip duet perally Toyota Gazoo Racing, Elfyn Evans dan Sebastien Loeb, pada sesi Jumat dan terus memimpin kejuaraan sementara hingga sesi Sabtu selesai. Tentu saja tak mudah buat Neuville di tengah tekanan bertubi yang dilancarkan Evans dan Ogier.

Akibatnya, kedua driver Toyota itu justru beberapa kali tampak saling sikut untuk berebut posisi kedua. 

Evans yang didorong sebagai jagoan Toyota untuk berebut gelar 2024 kehilangan tampuk kepemimpinan gara-gara masalah hybrid pada Yaris GR Rally1-nya. Faktor lain, yang juga dihadapi peserta lain, adalah sulitnya trek aspal pegunungan Alpen yang diselimuti salju dan kerikil di beberapa bagian.

Neuville unggul hanya 3,3 detik atas Ogier dan 34,9 detik atas Evans.

Rekan setim Neuville di Hyundai, Ott Tanak, terpuruk di P4 akibat masalah teknis pada Hyundai i20 N Rally-nya.

Tinggal 3 SS yang berlangsung pada Mknggu (28/1l. Meski hanya 3 SS tersisa, tapi perburuan poin kejuaraan tetap ramai. Tak lain karena aturan baru World Rally Championship yang diberlakukan FIA dan diperkenalkan mulai seri Monte Carlo sebagai seri pembuka kompetisi.

Regulasi itu adalah format baru distribusi poin di setiap seri WRC. Tak lagi di hari terakhir dibagi-bagi seperti format lain, tapi kini pembagian poin berlangsung dua kali, usai sesi Sabtu dan Minggu.

Sepuluh perally tercepat usai sesi Sabtu mendapatkan masing-masing poin 18, 15, 13, 10, 8, 6, 4, 3, 2 dan 1. Syaratnya,  masing-masing harus mencapai finish pada sesi Minggu. Jika tidak maka poin yang sudah ia raih diberikan kepada perally di bawahnya.

Dengan begitu, Neuville memulai rally hari ini dengan bekal 18 poin di kantong.

Sebaran poin lainnya masih menanti. Yang tercepat 7 Besar pada SS tersisa dapat tambahan poin masing-masing 7, 6, 5, 4, 3, 2 dan 1. Dan, seperti musim sebelumnya, masih ada bonus poin kepada 5 Besar di power stage masing-masing 5, 4, 3, 2 dan 1.

Seperti musim sebelumnya juga, poin maksimal yang bisa diraih Neuville adalah 30. Itu jika ia tercepat di 3 SS terakhir dengan tambahan 12 angka.

Uniknya, jika Ogier yang mendapatkan 12 poin itu maka total poinnya menjadi 27. Jumlah poinnya akan sama, 27, jika Neuville hanya mendapat 9 poin dari kesempatan tersebut, misalnya P3 (5 poin) di SS sisa dan P2 (4 poin) di power stage.

Lantas siapa yang menjadi juara seri jika total poin itu sama?

Acuannya tetap seperti dulu, yakni total waktu yang tercepat. Karena itu, tabungan waktu hingga sesi Sabtu sangat penting dan juga sama pentingnya dengan catatan waktu di SS sisa.

Tujuan FIA merilis format baru itu tak lain adalah mengencangkan greget kompetisi agar tetap fight di sepanjang lomba. Ini juga akan memengaruhi strategi ban masing-masing peserta khusus untuk power stage.

"Hari terakhir akan sangat kompetitif, menyenangkan, dan saya menyukai tantangannya. Thierry bermain sangat bagus, jadi kita tunggu saja seperti apa selanjutnya," komentar Ogier yang sudah 9 kali juara dan tengah berproses untuk meraih kemenangan ke-10 kalinya di Monte Carlo. (rn)

 

 

 

 

 

 

 

TERKINI
BBM Baru Pengganti Pertalite Ternyata Mengandung Bioetanol, Begini Penjelasannya! WRC 2024 Rally Portugal: Kalle Rovanpera Out, 3 Joki Hyundai Mengepung Sebastien Ogier Suzuki Avenis 125, Motor Matic Terbaru dengan Desain Sporty dan Dinamis MotoGP 2024 Prancis: Martin Juara Sprint Race, Marquez Bintangnya Dari P13 ke P2