Eshark Rok Cup 2024 : Raih Trofi Juara di Kelas Mini Rok, Zavian Fabrizio Santoso Bilang Melebihi Ekspektasi

Minggu, 28/01/2024 17:08 WIB

mobilinanews (Bogor) - Penampilan menjanjikan ditorehkan Zavian Fabrizio Santoso (11 tahun), pegokart asal Brebes, Jawa Tengah. Pada Kejurnas Gokart Eshark Rok Cup 2024 rd 1 di Sentul International Karting Circuit, Bogor, Minggu (28/1/2024), Zavi - sapaan akrabnya - berhasil memboyong trofi juara.

Podium P4, hasil yang jauh melampaui ekspektasi 

Tepatnya, Zavi memperoleh trofi sebagai juara 4 Newbie Mini Rok. Trofi itu didapatnya setelah pada final kelas Mini Rok B berhasil finish P6 dari 11 peserta.

"Alhamdulillah, langsung bisa meraih trofi juara di kelas Mini Rok. Ini melebihi ekspektasi, karena pada debut saya di kelas ini pada Eshark Rok Cup 2023 seri 6 bulan September lalu, berada di urutan 20-an," ujar Zavi kepada mobilinanews. 

Maka, lanjut Zavi, kemudian bisa meraih trofi juara meski P4, sudah merupakan prestasi luar biasa. "Saya pikir, ya saya akan tetap di urutan belakang. Namun ternyata bisa P4," lanjut Zavi.  

"Selain itu, keberhasilan ini juga merupakan kerja keras tim, om Dede dan om Allam yang telah menyiapkan gokart dengan baik. Tak lupa tentu support maksimal dari papi," imbuhnya.

 Support dan transfer ilmu dari sang ayah

Pada Final Kelas Mini Rok B tersebut, Zavi siswa kelas 6 SD Global Inbyra Tegal, Jawa Tengah ini sejatinya start dari posisi 10.

Namun pada balapan 14 lap tersebut, Zavi mampu tampil konsisten dan juga terjadi beberapa insiden di trek yang masih basah setelah sempat diguyur hujan sehingga akhirnya bisa finish ke-6.

 Zavi sebenarnya hampir saja finish P5. Namun sayangnya, sebelum itu terjadi, keburu balapan berakhir.

"Jika Zavi tadi bisa finish P5 overall, tentu menjadi credit point tersendiri. Pasalnya, di kelas Mini Rok ini masih diisi beberapa pegokart `senior` dan muka lama yang bahkan sudah sering balap di luar negeri seperti Michael Vino Satrio dan M Altaf Thalib," kata Allam Abyan, manajer Z&C Corp tempat Zavi bernaung.

 Zavi berjanji akan lebih keras lagi menggembleng skill dan mental bertanding 

Menurut Benny Santoso, sang ayah yang juga seorang pembalap mobil senior, Zavi telah melakukan tugasnya dengan baik.

"Cukup bagus, meski masih banyak yang harus diperbaiki. Harus dipush lagi. Tapi, untuk penampilan pertama di kelas Mini Rok, okelah," ungkap Benny Santoso, pengusaha ekspor impor bawang  merah itu. 

 Sebelumnya, pada 2023 lalu, Zavi mulai main gokart secara resmi dengan mengikuti Eshark Rok Cup di SIKC Bogor, di kelas Entry Level.

Dan, di akhir 2023, putra sulung Benny Santoso ini baru mulai fokus berlatih dengan gokart Mini Rok, satu tingkat di atas Entry Level.

Congrats ya, Zavi. (budsan)  

 

 

TERKINI
Pernyataan Resmi Chery Indonesia, 420 Unit OMODA 5 Alami Masalah! Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang Panduan Lengkap Menjual Mobil Bekas dengan Sukses, Ada 12 Langkah Jitu Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Berebut Titel Juara Dunia MotoGP 2024