Mazda CX-90 Kembali Didecall, Kini Soal Masalah Pada Kemudi

Senin, 29/01/2024 10:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pabrikan mobil asal Jepang, Mazda dikabarkan menarik puluhan ribu mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang terkena masalah teknis. Mobil yang ditarik adalah Mazda CX-90 2024 di Amerika.

Berdasarkan laporan Carscoops, SUV merwah itu terkena masalah pada sistem kemudinya. Hal itu membuat produsen mobil asal Jepang itu menarik kembali Mazda CX-90 tersebut di Amerika Serikat.

Penarikan ini bukan merupakan penarikan kecil, karena berdampak pada 43.752 kendaraan yang seluruhnya harus dibawa ke diler untuk diperbaiki.

Pemberitahuan penarikan kembali dari Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) mengungkapkan bahwa pemilik CX-90 baru mungkin merasakan peningkatan tenaga secara tiba-tiba saat mengemudi.

Hal ini karena mungkin ada gigi yang aus pada rakitan roda kemudi yang bertanggung jawab untuk mentransmisikan bantuan tenaga yang dihasilkan oleh motor power steering.

Mazda mengatakan pihaknya menerima laporan lapangan pertamanya tentang potensi masalah kemudi pada November 2022 dan pada awal tahun 2023, Mazda menemukan bahwa masalah tersebut disebabkan oleh minyak yang keluar dari gigi persneling.

Perusahaan segera memulai perbaikan dengan memodifikasi gigi roda tetapi setelah beberapa bulan, diketahui bahwa suku cadang yang diperbaiki juga mengalami masalah yang sama.

Perbaikan kedua kemudian dikembangkan yang memerlukan pengurangan gaya pegas yang diterapkan pada roda gigi cacing untuk memastikan bahwa gemuk berlebih tidak terdorong keluar dari gigi roda gigi.

Seperti disebutkan, penarikan tersebut berdampak pada 43,752 kendaraan, yang semuanya diproduksi antara 27 Desember 2022 hingga 11 Desember 2023.(erwin)

TERKINI
Seorang Ketua Pengda dan 3 Ketua Pengcab HDCI Dilantik Bersamaan Pada Halal Bihalal HDCI di Sinar Mas Land Plaza Kemarin Masih Bertugas Sebagai Steward di Slalom Ancol, Nurie Salmun Berpulang Tadi Siang Karena Sakit Jantung Nikmati ALVA Experience Center di Gading Serpong O-UNIVERSE: Sebuah Ekosistem Fesyen dan Teknologi OMODA untuk Dunia