Langkah Tindak Lanjut Toyota dan TICO Terkait Penyelidikan Sertifikasi Emisi

Selasa, 30/01/2024 16:22 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Toyota Industries Corporation (TICO) telah memberitahu Toyota Motor Corporation (TMC) bahwa mereka menerima laporan dari komite investigasi khusus terkait penyelidikan potensi penyimpangan dalam sertifikasi emisi domestik.

Masalah ini berkaitan dengan mesin diesel yang dikembangkan oleh perusahaan otomotif raksasa asal Jepang tersebut.

Berdasarkan pernyataan resmi, TICO bertanggung jawab atas pengembangan mesin diesel yang digunakan dalam mobil-mobil Toyota.

Hasil penyelidikan menemukan adanya kejanggalan selama pengujian keluaran tenaga untuk sertifikasi tiga model mesin diesel yang digunakan dalam kendaraan Toyota.

Selama pengujian sertifikasi, kinerja keluaran tenaga mesin diukur menggunakan ECU (Engine Control Unit) dengan perangkat lunak yang berbeda dari yang digunakan dalam produksi massal. Hal ini menyebabkan hasil pengujian tampak lebih halus dengan variasi yang lebih sedikit.

Sepuluh model kendaraan yang menggunakan mesin diesel terkena dampak secara global, termasuk enam di Jepang.

Toyota menyatakan, "Kami telah melakukan verifikasi ulang terhadap produk-produk produksi massal yang diproduksi di pabrik, dan memastikan bahwa mesin dan kendaraan yang terkena dampak memenuhi standar keluaran kinerja mesin."

"Oleh karena itu, tidak perlu menghentikan penggunaan mesin atau kendaraan yang terkena dampak. Namun, kami meminta maaf kepada pelanggan kami yang telah setia mendukung kendaraan yang terkena dampak, serta kepada seluruh pemangku kepentingan lainnya atas ketidaknyamanan dan kekhawatiran yang ditimbulkan," lanjut pernyataan Toyota.

Hasil penyelidikan menyebabkan TICO memutuskan untuk menghentikan sementara pengiriman mesin yang terkena dampak. Toyota juga memutuskan untuk menghentikan sementara pengiriman kendaraan yang dilengkapi dengan mesin yang terkena dampak.

"Kami akan memberikan penjelasan rinci kepada pihak berwenang dan segera mengambil tindakan yang tepat, termasuk melakukan pengujian di hadapan saksi jika diperlukan," demikian pernyataan terakhir dari Toyota. (krm)

TERKINI
Seorang Ketua Pengda dan 3 Ketua Pengcab HDCI Dilantik Bersamaan Pada Halal Bihalal HDCI di Sinar Mas Land Plaza Kemarin Masih Bertugas Sebagai Steward di Slalom Ancol, Nurie Salmun Berpulang Tadi Siang Karena Sakit Jantung Nikmati ALVA Experience Center di Gading Serpong O-UNIVERSE: Sebuah Ekosistem Fesyen dan Teknologi OMODA untuk Dunia