Sampaikan Pensiun Sebagai Navigator Rally, Ian Soejono : "Yang Pasti, Bukan Karena Gagal Juara Nasional Bersama Ijeck!"

Kamis, 01/02/2024 02:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Jelang berlangsungnya Pertamax Turbo Kejurnas Sprint Rally 2024 round 1 di Jembrana, Bali, 3-4 Februari akhir pekan ini, mencuat kabar salah satu navigator (co-driver) terbaik Indonesia, Hervian Soejono menyatakan pensiun.

Disebutkan, Ian Soejono - begitu karib dipanggil - yang terkesan mendadak pensiun, disebabkan karena gagal meraih trofi juara nasional rally 2023. Penentuan itu di APRC Grand Finale Danau Toba, 24-26 November lalu.

Duet perally Ijeck dengan co-driver Ian Soejono berada di posisi kedua klasemen sementara perally, dengan gap tipis dari H Ame Rahmat di pemuncak klasemen. Skoda Fabia adalah mobil andalan mereka.

Pada SS (Special Stage) 8 Negeri Dolok pada Minggu (26/11/2023), Ijeck dan Ian yang tengah berada di urutan teratas mencoba maximum attack menggunakan mobil Skoda Fabia.   

Namun jelang melalap sebuah tikungan, sebongkah batu sebesar tas koper yang entah dari mana berada di tengah lintasan. Kecepatan yang tinggi, tak sempat menghindar. Skoda menghajar batu, terbang dan salto hingga 3 kali sebelum tertahan sebatang pohon. Mobil ringsek parah, dan DNF (tidak bisa melanjutkan rally).

"Sebetulnya bukan mendadak, dan juga bukan karena target juara nasional tak terpenuhi. Yang benar, saya sudah sampaikan soal pensiun ini kepada Ijeck jelang tahun baru kemarin. Alasan utama ya faktor U (umur) dan kerjaan. Gila kali, saya kan kerja ikut orang. Masak sering ditinggal untuk rally," ungkap Ian Soejono kenapa mobilinanews.

Saat menyampaikan kepada Ijeck, Ian Soejono juga mengaku memberikan rekomendasi beberapa nama navigator yang mungkin bisa sesuai dan cocok dengan Ijeck. "Tapi sampai sekarang saya belum dengar, Ijeck akhirnya pilih siapa," lanjut Ian.

Saar ini, Ian Soejono berusia 59 tahun. Masih lebih tua Anthony Sarwono misalnya, 64 tahun, yang tahun lalu mendampingi H Rihans Variza dari HRVRT menjadi juara nasional Sprint Rally tahun 2023. 

Ian mengaku sebenarnya sudah pengin pensiun pada 2019 lalu. Tapi, dia tak bisa menolak ketika diminta untuk mendampingi mantan Wakil Gubernur dan Ketua DPD Partai Golkar Sumatra Utara itu.       

Sebelum dengan Ijeck, Ian Soejono pernah menjadi navigator mendiang Tony Hardianto, Ricardo Gelael dan Nuno Pinto. 

Saat ini, Ian Soejono bekerja di sebuah perusahaan bidang Alkes (Alat Kesehatan). (budsan)

 

 

TERKINI
BBM Baru Pengganti Pertalite Ternyata Mengandung Bioetanol, Begini Penjelasannya! WRC 2024 Rally Portugal: Kalle Rovanpera Out, 3 Joki Hyundai Mengepung Sebastien Ogier Suzuki Avenis 125, Motor Matic Terbaru dengan Desain Sporty dan Dinamis MotoGP 2024 Prancis: Martin Juara Sprint Race, Marquez Bintangnya Dari P13 ke P2