Pentingnya Mengganti Oli Mesin Sepeda Motor Secara Rutin Menurut Analis dari Wahana Makmur Sejati

Jum'at, 02/02/2024 00:18 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Salah satu aspek perawatan yang sangat mendasar dalam menjaga kesehatan sepeda motor adalah mengganti oli mesin secara teratur.

Menurut Wahyu Budhi, seorang Training Analyst dari PT Wahana Makmur Sejati (WMS), mengabaikan penggantian oli mesin bisa berpotensi menimbulkan sejumlah risiko yang perlu dihindari.

Berikut adalah beberapa risiko yang mungkin timbul akibat jarang mengganti oli mesin.

Oli akan Berubah Warna Menjadi Hitam

Perubahan warna menjadi hitam pada oli biasanya disebabkan oleh adanya endapan kerak dari sisa pembakaran yang bercampur dengan oli.

Selain itu, kualitas cairan oli yang menjadi sangat encer juga menandakan bahwa oli sudah tidak layak digunakan lagi.

Komponen Mesin akan Memiliki Umur Pendek

Perawatan rutin, termasuk penggantian oli secara berkala, dapat memperpanjang umur sejumlah komponen mesin sepeda motor.

Kekentalan oli yang menurun karena jarang diganti akan mengurangi kualitas pelumasan, serta meningkatkan risiko gesekan antar komponen, yang pada akhirnya dapat mempercepat kerusakan mesin.

Mesin akan Mengalami Pemanasan Berlebih

Selain sebagai pelumas, oli juga berperan dalam proses pendinginan mesin.

Penggantian oli yang jarang dilakukan dapat mengurangi efektivitas pendinginan mesin, sehingga meningkatkan risiko terjadinya pemanasan berlebih pada mesin.

Kenyamanan Berkendara akan Terpengaruh

Getaran yang dirasakan saat berkendara akan lebih terasa jika oli mesin tidak diganti secara teratur.

Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengendara saat menggunakan sepeda motor.

Konsumsi Bahan Bakar akan Meningkat

Oli yang jarang diganti akan mengalami penurunan volume dan kualitas, sehingga meningkatkan gesekan antar komponen mesin.

Hal ini akan mengakibatkan kinerja mesin menjadi lebih berat dan memerlukan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak.

Biaya Perawatan yang Lebih Besar

Penggunaan bahan bakar yang lebih boros dan kerusakan komponen yang lebih cepat akibat jarangnya penggantian oli mesin akan menyebabkan biaya perawatan yang lebih besar bagi pemilik sepeda motor.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik sepeda motor untuk rutin melakukan penggantian oli mesin.

Para pemilik sepeda motor Honda khususnya dianjurkan untuk melakukan perawatan di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Melalui pemeriksaan dan perawatan berkala di bengkel AHASS, fitur dan komponen sepeda motor dapat terjaga dengan optimal untuk kinerja yang lebih baik. (krm)

TERKINI
Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Berebut Titel Juara Dunia MotoGP 2024 Apresiasi Prestasi Timnas PSSI, Hyundai Berikan Hadiah Hyundai Genesis Electrified G80 Kepada Coach Shin Tae-yong Saling Kejar Poin di Kejurnas Grasstrack Region 4 Putaran 2 Kalimantan Selatan, Ini Dia Jawaranya Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang, Tingkatkan Pendidikan Vokasi