Tes MotoGP 2024 Sepang : Jorge Martin dan Enea Bastianini Tembus Rekor Waktu, Yamaha M1 Mulai Garang di Trek Lurus

Rabu, 07/02/2024 21:32 WIB

mobilinanews (Malaysia) - Baru sesi tes, tapi 3 pembalap sukses melampaui rekor waktu Sirkuit Sepang. Tes terakhir pada Kamis (8/2) esok terbuka kemungkinan lap time di bawah 1 menit 57 detik.

Siap-siap menyaksikan motor 2024 yang rata-rata lebih kencang dari musim tahun lalu. Tanda-tandanya diperlihatkan Ducati, KTM dan Aprilia pada hari kedua winter test Sepang, 7 Februari 2024. Meski baru pada tahap uji coba, Jorge Martin (Spanyol/Pramac Ducati) dan Brad Binder (Afsel/KTM) sudah menorehkan catatan waktu melampaui rekor kecepatan Sirkuit Sepang yang tahun lalu ditorehkan Francesco Bagnaia (Italia/Ducati), 1 menit 57, 491 detik.

Martin mempertajamnya jadi 1 menit 57,237 detik pada sesi pagi. Ikut melampaui rekor itu adalah Binder di atas KTM RC16, dengan selisih waktu hanya 0,054 detik dengan Martin. Catatan waktu mereka berdua bertahan hingga beberapa.menit sebelum sesi tes berakhir pada pukul 18.00 waktu Malaysia.

Enea Bastianini adalah pembalap ketiga yang sukses melampaui rekor waktu Bagnaia. Ia toreh waktu 1:57,134 atau lebih kencang 0,139 detik dari  Desmosedici GP24 besutan Martin.

Artinya, untuk sementara GP24 masih terbaik meski Ducati tak melakukan perombakan teknis radikal dari versi GP23 yang tahun lalu mengunci gelar juara dan runner up lewat Bagnaia dan Martin. Hanya sedikit menambah power mesin dan lebih banyak menguji peranti aero untuk musim ini. Sementara tim rival KTM dan Aprilia datang dengan beberapa model aero kit yang terbilang terobosan baru.

Saingan joki Ducati hanya Binder dan Aleix Espargaro (Spanyol/Aprilia) yang tercepat ketiga dan keempat, namun dengan marjin lebih dari setengah detik.

Meski begitu, Martin tak terlalu fokus pada catatan waktu dan lebih memprioritaskan rasa nyamannya di atas motor. Dan, tenaga mesin yang melonjak jadi poin penting dalam analisisnya.

"Karena tambahan power itu, motor saya jadi sedikit liar saat keluar tikungan. Titik pengereman pun berubah dibandingkan GP23," katanya.

Yang patut diwaspadai, menurut Martin, adalah  M1 2024 yang dibesut Fabio Quartararo (Prancis/Yamaha).

"Mereka berkembang pesat, terutama di trek lurus."

Meski hanya tercepat ke-11 dengan tertinggal 0,7 detik dari Ducati, Yamaha jelas semakin maju dibandingkan musim.lalu. Sejak lama Quartararo menuntut tambahan tenaga mesin agar bisa bersaing di trek lurus melawan Ducati dan KTM. Dan, baru kali ini terpenuhi dengan hasil mencatatkan top speed terbaik sepanjang tes, yakni 338,5 km/jam. Lebih kencang 1 km/jam dari rekor top speed di Sepang milik Martin.

Dua nama lain yang jadi pusat perhatian di winter test ini adalah pembalap ruki Pedro Acosta (Spanyol/GasGas Tech3) dan Marc Marquez (Spanyol/Gresini Ducati). Acosta menempati peringkat ke-8 tercepat, di atas Marco Bezzecchi (Italia/VR46 Ducati) dan Joan Mir (spanyol/Honda) sementara Marquez terpuruk di urutan 14 akibat kendala teknis pada Desmosedici GP23-nya.

Tes Sepang akan berakhir Kamis esok. Jika tak diganggu hujan, catatan waktu diprediksi bisa semakin tajam hingga 1:56 detik koma sekian. Tak lain karena masing-masing pembalap sudah temukan setingan terbaik plus peranti teknis yang paling ideal digunakan. Dan, itulah saatnya menguji ke limit kecepatan maksimal. 

Tinggal tunggu, ada atau siapakah yang akan mampu menembus waktu 1:56? (rn)

 

 

 

 

 

 

TERKINI
Seorang Ketua Pengda dan 3 Ketua Pengcab HDCI Dilantik Bersamaan Pada Halal Bihalal HDCI di Sinar Mas Land Plaza Kemarin Masih Bertugas Sebagai Steward di Slalom Ancol, Nurie Salmun Berpulang Tadi Siang Karena Sakit Jantung Nikmati ALVA Experience Center di Gading Serpong O-UNIVERSE: Sebuah Ekosistem Fesyen dan Teknologi OMODA untuk Dunia