WRC 2024 Swedia: Hyundai Raih Kemenangan Beruntun, Thierry Neuville dan Elfyn Evans Makin Panas

Minggu, 18/02/2024 23:45 WIB

mobilinanews (Swedia) - Esepekka Lappi dan navigator Janne Ferm tak sia-sia hengkang ke tim pabrikan Hyundai. Mereka sukses memenangi Rally Swedia 2024, Minggu (18/2). Ini kemenangan beruntun Hyundai setelah sukses Thierry Neuville bulan lalu di Monte Carlo.

Buat perally Finlandia itu, ini juga kemenangan kali kedua di kancah World Rally Championship (WRC) setelah kemenangan perdana di Rally Finlandia 2017.

Unggul signifikan sejak sesi Sabtu, Lappi cenderung bermain aman dalam 3 SS di hari terakhir. Selisih waktu awal sebesar 1 menit 6 detik hanya tersisa jadi 29 detik di garis akhir.

"Saya benar-benar puas. Cukup lama saya memburu kemenangan kedua ini. Bisa jutaan kata saya sebutkan, tapi yang terpenting adalah rasa terima kasih kepada Cyril (Abiteboul)," kata Lappi, 33 tahun.

Team Principal Hyundai itu mendapuk mantan driver Toyota itu tahun lalu meski di akhir musim kompetisi bermain di bawah standar.

"Ia menarik saya ke dalam tim. Membuat situasi tahun lalu sangat kontras dengan saat ini," imbuh Lappi yang memimpin kejuaraan setelah Kalle Rovanpera dan Takamoto Katsuta (Toyota Gazoo Racing) alami celaka saat memimpin lomba.

Pendamping Lappi di podium adalah Elfyn Evans (Toyota Gazoo Racing) dan Adrien Fourmaux (M-Sport Ford). Evans berhasil merebut P2 dari Formaux di awal sesi Minggu (18/2). Tak lain karena mobil  Fourmaux sempat melintir di trek es Swedia. Tapi, driver Prancis itu tak kecewa.

"Berada di podium WRC (kali pertama baginya) sangat luar biasa. Sulit berkata-kata, saya hanya ingin menikmatinya," kata Fourmaux.

Evans, meski hanya runner up, tak perlu kecewa karena ia mendulang 24 poin di seri ini berdasarkan regulasi baru WRC dalam distribusi poin. Ia meraih 13 poin pada sesi Sabtu, 7 angka di Super Sunday Classification, dan bonus 4 poin di Power Stage.

Perolehan itu membuat Evans kini menempel Thierry Neuville di puncak klasemen kejuaraan 2024 dengan selisih hanya 3 poin.

"Secara keseluruhan tak mengecewakan, terlebih dengan performa buruk di sesi Jumat lalu," sebut andalan Toyota dalam perburuan gelar 2024 ini.

Neuville sendiri hanya finish P4. Sepanjang lomba ia mengalami berbagai masalah pada mobilnya. 

Duel Neuville dan Evans akan berlanjut ke Rally Safari di Kenya  Afrika, pada 27-31 Maret 2023. ((rn)

 

TERKINI
Harley-Davidson Unveils 2024 Street Glide dan Road Glide: Moge dengan Teknologi Terkini dan Desain Revolusioner American Dreamin` The Dawn of A New Era: Harley-Davidson MY24 Mengukir Sejarah Baru di Jalanan Indonesia Suzuki Burgman Street 125 EX Punya Beberapa Keunggulan Ini, Bikin Honda Vario 125 Minggir Siap-Siap, Chery TIGGO 5X Segera Meluncur Akhir Bulan Ini!