Penasaran Budget Toyota Gazoo Racing Indonesia Dalam Satu Musim? Arie Awan : Setara 15 Unit Toyota GR Supra!

Sabtu, 24/02/2024 13:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Berapa budget yang dikeluarkan oleh Toyota untuk mengikuti beberapa cabang olahraga balap dalam Toyota Gazoo Racing Indonesia selama satu musim balap?

"Setara 15 Toyota GR Supra," senyum Arie Awan, Head of PR Toyota Astra Motor pada acara Talk Show IIMS 2024 kolaborasi Mobilinanews dengan PT Dyandra Promosindo di Hall C1, JIExpo Kemayoran Jakarta, Senin (19/2/2024) sore.

Selain Arie Awan, duduk sebagai nara sumber adalah Dimitri Fitra Ditama selaku Direktur Toyota Gazoo Racing Indonesia. Sedangkan sebagai hostnya adalah Ricky Sitompul.

Arie Awan memang hanya menjawab itu. Tidak menerangkan lebih rinci. Itu pun, setelah ia terlebih dahulu berdiam beberapa saat, seperti memikir sesuatu, sebelum akhirnya keluar menyampaikan jawaban itu.

Skuad pembalap Toyota Gazoo Racing Indoneaia minus Alinka Hardianti  

Itulah hebatnya orang PR (Public Relation), jawaban pun tidak harus hitam putih. Namun bisa dicerna, dipelajari dan dikalkulasi.

Dari price list yang dirilis Auto2000 merupakan salah satu dealer resmi merek Toyota, harga Toyota Supra tahun 2024 senilai Rp 2.237.600.000,- (baca Rp 2,237 miliar). 

Jika dikalikan 15 maka akan keluar angka Rp 33 miliar. Angka tersebut terbilang besar atau kecil? Tentu tergantung dari sudut mana mengukurnya.

Namun seperti yang disampaikan Arie Awan, jika tim balap Toyota juga identik sebagai tim elit dan disupport pabrikan mobil terbesar di dunia, maka angka tersebut tergolong wajar-wajar saja.

Coba tengok fakta ini. Toyota Gazoo Racing Indonesia tahun 2023 turun di ajang Kejurnas Balap Mobil dengan 3 pembalap gunakan 1 Yaris dan 2 All New Agya, Kejurnas Slalom dengan 4 peslalom gunakan Toyota Agya, Kejurnas Sprint Rally dan Rally andalkan Yaris GR Sport (perally dan co-driver).

Lalu, ikuti beberapa seri GT4 Fanatec GT World Asia Challenge menggunakan Toyota GR Supra, Asia Cross Country Rally (AXCR) di Thailand - Kamboja, andalkan Toyota Fortuner dengan dua pembalap dan Toyota Gazoo Racing Festival di Sirkuit Fuji Jepang, menjadi masuk akal jika budget segitu.

"Sepanjang musim balap 2023 lalu, nyaris setiap akhir pekan di luar kota dan luar negeri. Ya karena TGRI mengikuti berbagai event balap yang jadwalnya padat. Belum lagi kalau ada jadwal yang bentrok (barengan), kami harus membagi tim pendukung agar pembalap TGRI tetap bisa raih hasil terbaik," ungkap Dimitri Fitra Ditama, Direktur Toyota Gazoo Racing Indonesia. (bs)

 

 

 

TERKINI
6 Langkah yang Wajib Diketahui Ketika Merawat Motor Baru Agar Tampil Glowing dengan Kondisi Prima 6 Langkah yang Wajib Diketahui Ketika Merawat Motor Baru Agar Tampil Glowing dengan Kondisi Prima Bamsoet Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Sirkuit Off Road Ujung Kulon Raceway Banten, Untuk Motor dan Mobil WRC 2024 Rally Portugal: 3 Toyota Teratas, Malam Ini Kalle Rovanpera dan Sebastien Ogier Fight Berebut 18 Poin