WSBK Phillip Island 2024 : Dua Pembalap Ducati Tampil Impresif, Bautista Podium P2 dan Bulega Posisi 2 Klasemen

Selasa, 27/02/2024 18:08 WIB

mobilinanews (Phillip Island) - Pembalap Alvaro Bautista dari Aruba.it Racing naik podium juara dua (P2) race dua 2 pada World Superbike (WSBK) di sirkuit Phillip Island, Australia, Minggu (25/2/2024).

Balapan race 2 ini, sempat dihentikan setelah berjalan 4 lap dengan ditandai berkibarnya bendera merah karena Rea (Yamaha) terjatuh, sehingga lintasan harus dibersihkan alias clear.

Para pembalap kembali memulai balapan dengan 11 lap tersisa, tanpa bendera mandatory flag-to-flag yang diperkenalkan pada round ini.

Mengawali start dari posisi keempat, Alvaro Bautista langsung memimpin. Ia bertahan hingga bendera merah dikibarkan oleh marshal sebagai tanda terjadi insiden, dan menunggu lintasan hingga clear. 

Namun konsumsi ban belakang yang berlebihan membuatnya tidak bisa bertahan dari serangan Alex Lowes (Kawasaki) di beberapa tikungan menjelang akhir balapan.

Nicolò Bulega mengakhiri event yang dikerap disebut Australian Sunday dengan juara 5 (P5). Pembalap Italia tersebut memulai balapan dengan performa kurang optimal, dan sempat tercecer urutan ke-14.

Namun ia tidak menyerah dan mampu merangsek ke depan hingga berhasil finish di posisi kelima, menutup akhir pekan dan debutnya di WSBK.

Alvaro Bautista mengatakan sangat puas dengan hasil yang ia peroleh karena menjadi ajang uji cobanya motornya untuk menghadapi ajang balap lanjutan.

"Saya sangat puas karena koneksi dengan motor berkembang dari hari ke hari. Itu adalah tujuan utama setelah musim dingin di mana kami mengalami beberapa kesulitan, juga karena kondisi fisik saya. Di Balapan ke-2, saya menemukan kembali sensasi tahun lalu dan ini memberi saya kepercayaan diri yang besar menjelang putaran berikutnya," tuturnya.

Ia tidak menyangka disalip Lowes. Tapi saat tiga lap terakhir ada ban belakangnya bermasalah karena sudah banyak tergerus, sehingga ia tidak bisa memaksakan tunggangannya.

Nicolo Bulega (Ducati #11) menganggap hasil yang didapatkannya bersama tim Ducati sangat positif dengan meraih ple position dan itu bisa menjadi modal baginya untuk meraih hasil lebih baik nantinya.

Baginya keseimbangan akhir pekan ini sangat positif. Kami berhasil meraih pole position, satu kali kemenangan, dua kali lap tercepat, dan dua kali posisi kelima yang masih memberi kami poin penting.

"Saya sangat senang bisa memulai musim seperti ini. Namun, jelas, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, terutama untuk mendapatkan start yang lebih baik."

"Bahkan di race 2, saya tertinggal di tikungan pertama dan harus berjuang keras untuk mendapatkan posisi di depan. Namun, saat saya menemukan sedikit ruang, saat itu kecepatan balapan menjadi sangat kuat. Saya pikir jika ada beberapa lap lagi, saya bisa berjuang untuk podium," ungkap Bulega. (elko)

Hasil Superpole

P1 A. Lowes (Kawasaki)
P2 A. Locatelli (Yamaha) +1.157s
P3 T. Razgatlioglu (BMW) +1.738s
P4 A. Bautista (Aruba.it Racing - Ducati) +1.812s
P5 N. Bulega (Aruba.it Racing - Ducati) +2.838s

Hasil Race-2

P1 A. Lowes (Kawasaki)
P2 A. Bautista (Aruba.it Racing - Ducati) 0.048s
P3 D. Petrucci (Ducati) +1.178s
P5 N. Bulega (Aruba.it Racing - Ducati) +2.346s

Klasemen Pembalap
P1 A. Lowes (Kawasaki) 50
P2 N. Bulega (Ducati) 41
P3 A. Locatelli (Yamaha) 29
P5 A. Bautista (Ducati) 27

 

 

TERKINI
Seorang Ketua Pengda dan 3 Ketua Pengcab HDCI Dilantik Bersamaan Pada Halal Bihalal HDCI di Sinar Mas Land Plaza Kemarin Masih Bertugas Sebagai Steward di Slalom Ancol, Nurie Salmun Berpulang Tadi Siang Karena Sakit Jantung Nikmati ALVA Experience Center di Gading Serpong O-UNIVERSE: Sebuah Ekosistem Fesyen dan Teknologi OMODA untuk Dunia