BYD Motors Memperkuat Komitmen Global dengan Menanam Investasi di Meksiko

Sabtu, 02/03/2024 15:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Build Your Dreams (BYD) terus mengembangkan sayapnya ke pasar global dengan mencari lokasi di Meksiko untuk mendirikan pabrik baru.

CEO BYD Americas, Stella Li, dalam sebuah wawancara dengan Reuters pada Jumat (1/3/2024), menyampaikan bahwa pembangunan pabrik ini bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar perusahaan di Meksiko.

BYD sebagai sebuah merek otomotif besar asal Tiongkok, berencana memilih lokasi pabrik yang direncanakan akan memiliki kapasitas produksi sebesar 150 ribu unit per tahun.

Keberhasilan BYD bahkan telah melampaui raksasa otomotif Amerika Serikat, Tesla, pada kuartal keempat 2023, menunjukkan komitmennya di industri otomotif global.

Namun, kehadiran BYD di Meksiko menimbulkan ancaman bagi perusahaan-perusahaan yang telah ada di pasar Amerika Serikat.

Sebuah kelompok advokasi manufaktur AS, Alliance for American Manufacturing, mengingatkan bahwa mobil dan suku cadang Tiongkok dengan harga rendah dapat membahayakan kelangsungan hidup perusahaan otomotif di Amerika Serikat.

Dalam konteks ini, Li menegaskan bahwa ambisi BYD di Meksiko hanya untuk penjualan lokal.

Perusahaan sedang mencari lokasi pabrik di wilayah tengah dan selatan Meksiko Utara, di mana biaya transportasi untuk menjangkau konsumen akan tinggi.

"Rencana kami adalah membangun fasilitas untuk pasar Meksiko, bukan untuk pasar ekspor," ungkap Li.

SEperti diketahui, produsen mobil Tiongkok seperti BYD, menurut para pengamat terus meningkatkan kualitas kendaraannya, bahkan bergerak lebih cepat dibandingkan pesaing globalnya, terutama di bidang sistem infotainment dan kendaraan otonom.

Dengan reputasinya yang kompetitif dalam hal biaya, BYD mungkin akan melakukan pemotongan harga agresif di Meksiko, seperti yang telah dilakukannya di pasar dalam negeri.

Hal ini dapat memaksa pesaingnya untuk menyesuaikan biaya agar tetap kompetitif. (krm)

 

 

TERKINI
Panduan Lengkap Jual Mobil Bekas dengan Sukses Denza Z9 GT Versi PHEV Siap Diluncurkan di Pasar Eropa Bulan Ini Buruan, Simak Beragam Promo Menarik Motor Honda Bulan Ini BAIC BJ-40 PLUS dan BAIC X-55 Hadir Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia, Simak Spek dan Keunggulannya