4 Bagian Yang Tidak Terjamah Maksimal Saat Mencuci Mobil

Minggu, 21/02/2016 04:00 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Mencuci mobil sekilas tampak sebagai sebuah pekerjaan yang mudah, namun sesungguhnya jika tidak dilakukan secara detail maka akan membuat area tertentu pada mobil justru meninggalkan jelaga bahkan jamur yang sulit untuk dihilangkan. Setidaknya ada 4 bagian yang tidak terjamah maksimal sehingga perlu diperhatikan agar bodi mobil lebih terjaga.

  1. Kisi-kisi pintu mobil adalah bagaian utama yang harus diperhatikan. Karena letaknya yang tersembunyi dan tidak terlihat secara langsung, area ini jarang tersentuh. Lipatan karet pintu menjadi letak strategis untuk bersembunyinya air, air inilah yang nantinya akan mengendap dan meninggalkan noda dari sisa deterjen yang umum digunakan untuk mencuci mobil. Sekalah lipatan karet dengan kanebo agar air yang mengendap tidak lagi tersisa.
  2. Bodi mobil dengan bemper masih menyisakan jarak, di area inilah anda harus mengeringkannya dengan lebih detail, karena sering kali terlihat kerak sisa deterjen yang mengendap.
  3. Kisi-kisi grill juga sering terlihat noda berwarna keputihan. Bila dilakukan pengeringan hanya diarea permukaan grill memang sekilas sudah terlihat kering dan bersih. Namun sisa air pada kisis-kisi yang mengandung deterjen masih bisa menetes, akan meninggalkan noda. Noda akan lebih mudah terlihat jika grill berwarna krom.
  4. Spoiler atau side skirt juga kerap meninggalkan noda keputihan karena air mengendap di sela-selanya.  Tetesan air deterjen inilah yang akan meninggalkan jejak dan dalam waktu lama akan menimbulkan kerak yang sulit untuk dihilangkan.

Keempat area tersebut idealnya setelah dibasuh dengan sabun, sebaiknya dibersihkan secara berulang dengan cara disemprot atau digosok menggunakan sikat hingga tidak lagi terdapat kandungan deterjen dari air yang mengendap. Deterjen yang mengandung soda inilah yang dapat menyebabkan bodi mobil terlihat berkerak yang tidak sedap dipandang.

Bila saja bodi sudah terlanjur ternoda, bisa coba menghilangkannya dengan beragam produk poles mobil yang banyak dijual. Atau agar lebih optimal, setidaknya dalam 3 bulan sekali tidak ada salahnya membawa mobil kesayangan untuk di salon.

TERKINI
BYD Seal 06 DM-i, Mobil dengan Teknologi Hybrid Terbaru, Memiliki Fitur Canggih PO TAM Tambah 10 Unit Bus Mercedes-Benz OH 1626L Euro 4 Untuk Mendukung Bisnis! Perluas Ekspansi Pasar, Goodyear Kini Punya Toko Online di e-Commerce April 2024, Chery OMODA E5 Terjual 506 Unit di Indonesia!