36 Ribuan Mobil Kia Stinger dan K900 Ditarik dari Pasar Otomotif, Masalah Pipa Oli Turbo Meleleh

Rabu, 13/03/2024 01:03 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kia menarik kembali 36.248 unit mobil Stinger dan K900 di Amerika Serikat karena kekhawatiran bahwa pipa yang mengalirkan oli ke turbocharger dapat mengalami kerusakan akibat panas. Apalagi cairan itu mudah terbakar jika bocor ke permukaan.

Masalah ini terjadi pada Kia K900 2019-2020 dan Stinger 2018-2022 serta Stinger 2023 yang dilengkapi dengan mesin V6 3,3 liter turbocharged.Masalah ini pertama kali diidentifikasi pada bulan Juni.

Produsen mobil tersebut menerima laporan dari pasar dalam negerinya, Korea setelah adanya beberaap laporan. Ada seorang pengemudi melihat asap keluar dari ruang mesin kendaraan mereka.

Pada bulan Desember 2023, Kia Amerika Utara menerima laporan adanya kebakaran yang berasal dari ruang mesin Stinger 2018 saat sedang dikendarai. Untungnya, pengemudi tidak mengalami cedera, dan pembuat mobil tidak mengetahui adanya kecelakaan atau cedera akibat masalah ini.

Mereka juga belangan mengetahui ada 25 insiden yang mungkin disebabkan oleh kekhawatiran ini, sehingga langkah nyata dengan menarik model-model yang terdampak perlu segera dilakuakan.

Dalam analisisnya terhadap kebakaran tersebut, Kia menyimpulkan bahwa pipa pengumpan oli di sisi kiri turbocharger dapat rusak seiring berjalannya waktu akibat kedekatannya dengan manifold buang dan pancaran panas yang keluar darinya. Hal ini dapat menyebabkan meleleh, retak, dan akhirnya kebocoran oli.

Pemilik Stinger dan K900 yang terkena dampak disarankan untuk mewaspadai asap putih, bau terbakar, atau kebocoran oli yang berasal dari ruang mesin. Selain lampu peringatan tekanan oli, mungkin ada tanda-tanda kendaraan mengalami masalah ini.

Menanggapi hal itu, Kia berencana untuk mulai memberikan surat pembertahuan bagu pemilik K900 dan Stinger tentang kampanye penarikan pada tanggal 26 April.

Untuk mengatasi masalah ini, teknisi Kia akan mengganti pipa umpan oli turbocharger sebelah kiri dan rakitan selang dengan rakitan selang yang terbuat dari bahan berbeda yang lebih tahan panas. (elk)

TERKINI
Spesifikasi Harley Davidson Heritage Classic 144 Terbaru 2024 Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Berebut Titel Juara Dunia MotoGP 2024 Pernyataan Resmi Chery Indonesia, 420 Unit OMODA 5 Alami Masalah! Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang