BYD Memperkenalkan Platform Baru untuk Produknya, Diklaim Bisa Menempuh Jarak Ribuan Kilometer

Jum'at, 15/03/2024 11:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - BYD (Build Your Dreams), produsen otomotif terkemuka asal Tiongkok, terus mengokohkan posisinya di era elektrifikasi dengan mengintensifkan strateginya untuk meningkatkan penjualan.

Sebagaimana dikutip dari CN EV Post Jumat, 15 Maret 2024, BYD telah menyiapkan platform baru untuk kendaraan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan mobil listrik dengan jarak tempuh yang lebih panjang, bahkan mencapai 1.900 km.

Platform baru ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja kendaraan listrik BYD. Salah satu inovasi utama adalah penggunaan e-platform 3.0, yang telah diterapkan pada model-model terbaru seperti BYD Seal dan Dolphin.

Keunggulan utama dari e-platform 3.0 adalah kemampuannya untuk menempatkan baterai dengan lebih optimal, memberikan ruang kabin yang lebih luas, dan mengurangi bobot kendaraan secara signifikan.

Sumber internal yang tidak disebutkan namanya dari BYD mengungkapkan bahwa perusahaan akan menggunakan semua teknologi yang mereka miliki untuk meningkatkan sistem Dual Mode (hybrid) PHEV dan e-platform mereka.

Teknologi Dual Mode pertama kali diperkenalkan oleh BYD pada tahun 2008, dan telah mengalami beberapa pembaruan sejak itu.

Generasi terbaru dari sistem Dual Mode diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat efisien, dengan angka mencapai 2,9 liter per 100 km.

Selain itu, PHEV dengan kondisi tangki bensin penuh dan baterai 100 persen dikatakan dapat menempuh jarak hingga nyaris 2.000 km.

Meskipun memiliki potensi yang besar, PT BYD Motor Indonesia masih memusatkan perhatiannya pada pemasaran mobil listrik (BEV) di Indonesia.

Pihaknya belum menunjukkan minat untuk membawa lini produk PHEV mereka ke pasar Tanah Air.

Saat ini, BYD Indonesia hanya memasarkan tiga model, yaitu BYD Seal, Atto 3, dan Dolphin, dengan harga tertinggi mencapai Rp 700 jutaan.

Meskipun demikian, PHEV umumnya memiliki harga yang lebih tinggi, seperti yang terlihat pada Toyota RAV4 PHEV yang mencapai angka Rp 1 miliar.

Dengan terus berinovasi dan mengembangkan teknologi canggih dalam kendaraan listrik, BYD berharap terus berada di posisi atas dalam industri otomotif global dan dapat mengukuhkan kehadirannya di pasar yang semakin berkembang seperti Eropa. (krm)

TERKINI
Harley Davidson Model Heritage Classic 114, Melangkah ke Masa Lalu dengan Gaya Masa Kini WRC 2024 Rally Portugal: Ogier Melayang dan Menang, Tapi Toyota Dikalahkan Hyundai di Klasemen Konstruktor MotoGP 2024 Prancis: Rivalitas Marquez Versus Martin Lanjut ke Barcelona, Penentuan Siapa ke Tim Pabrikan Ducati Ancol Jakarta Supersport Championship 2024 Round 2 Berlangsung Sukses, Anondo Eko : Persiapan Lebih Maksimal