MotoGP 2024: Dorna Dikabarkan Sudah Terjual, Tinggal Tunggu Pengumuman Resmi MotoGP dan F1 Bersatu

Senin, 01/04/2024 00:28 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Dorna Sport selama ini identik dengan MotoGP.  Perusahaan Spanyol itu adalah penyelenggara dan pemegang hak komersial balap motor terbesar itu. Tapi, kekuasaan itu hanya tinggal beberapa jam lagi saja.

Media ekonomi ternama, bloomberg dan skynews, baru saja.melaporkan kalau kepemilikan Dorna akan segera beralih ke Liberty Media.

Liberty Media adalah pemilik event balap Formula 1 setelah membeli hak yang sebelumnya dikuasai supremo F1 Bernie Ecclestone pada 2016, dan sejak 2017 langsung menjadi pemilik hak.komersial F1.

Kedua media di atas melaporkan Liberty sudah sepakat membayar mahar sebesar 4,3 miliar USD, ya miliar bukan juta, kepada Bridgepoint selaku pemegang saham mayoritas Dorna. Kalau dirupiahkan, jumlah itu lebih dari Rp 60 Teoliun.

Pemegang saham lainnya adalah Pengelola Dana Pensiun Kanada dan Carmelo Espelata yang selama ini jadi CEO Dorna. Tak disebutkan apakah saham minoritas itu juga dicuplik atau hanya saham milik Bridgespoint.

Kesepakatan itu dibuat oleh CEO Liberty Media Greg Maffei  dengan pemilik Bridgepoint Mark Kleinman  di Madrid, Spanyol. Di kota yang jadi markas Dorna ini pula pengumuman resmi ke.publik akan dilangsungkan sesegera mungkin. Bukan tak mungkin akan berlangsung pada 1 April 2024 ini atau tinggal hitungan beberapa jam lagi.

Sudah lama sebenarnya Liberty Media ingin mengelola MotoGP setelah sukses meningkatkan popularitas, populasi dan aspek komersial F1 lewat platform media sosial. Perusahaan asal AS ini juga sukses membawa 3 seri kejuaraan F1 ke bumi Amerika Serikat (GP Austin di Texas, Mismi dan Las Vegas). Dan, satu seri lagi kabarnya tengah dijajaki di dalam kota Chicago.

Sejauh ini MotoGP hanya singgah satu seri balap di Austin, Texas.

Di bawah kendali Liberty Media, Ezpelata pernah berujar kalau perkembangan MotoGP juga akan sebesar F1. Termasuk penambahan jatah balap di AS. Sayangnya, balap MotoGP tak bisa berlangsung di trek dalam kota seperti beberapa seri F1, termasuk Miami dan Vegas.

Tinggal ditunggu adakah pengumuman resmi pada 1 April ini atau sekadar April Mop. (rn)

TERKINI
Semok, Layanan Servis Motor Keliling Melayani Lebih dari 1.000 Konsumen Motor Honda Selama Januari-April 2024. Wuling EV Jadi Official Car Partner Dalam 10th World Water Forum 2024 di Bali Human Error Masih Jadi Penyebab Utama Kecelakaan Sepeda Motor di Indonesia, Suzuki Beri Tips Praktis Rem Motor untuk Hindari Bahaya Kymco Like ABS 150i: Skutik Vintage yang Memukau dengan Sentuhan Modern